Yamaha STSJ Iimbau Agar Jangan Sepelekan Shockbreaker, Cara Merawatnya Ternyata Mudah, Simak!

SURYA.CO.ID, SURABAYA – Peredam kejut atau yang biasa dikenal sebagai shockbreaker menjadi salah satu komponen yang berguna untuk meredam getaran atau guncangan suatu kendaraan.

Manfaat dari shockbreaker akan terasa ketika pengendara melewati jalanan berlubang, karena komponen ini akan membantu meminimalisir guncangan yang terjadi.

Selain itu, shockbreaker juga berfungsi untuk menjaga agar bearing ban dapat bekerja dengan baik.

Sejalan dengan hal itu, PT Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) selaku distributor sepeda motor Yamaha area Jawa Timur, Kalselteng, Kaltim dan Nusa Tenggara merekomendasikan agar seluruh pengguna kendaraan roda dua rajin untuk merawat shockbreaker kendaraanya.

Instruktur Service Yamaha STSJ, Dwi Suwanto mengungkapkan, shockbreaker yang keras dapat mengurangi kenyamanan berkendara. Sehingga perlu dirawat agar kondisinya tetap dalam keadaan prima.

“Kalau shockbreakernya tidak berfungsi dengan baik sudah pasti membuat pengendara tidak nyaman dan cepat pegal. Bukan tidak mungkin bisa merubah posisi atau setelan komponen lainnya,” ungka Dwi, Sabtu (6/8/2022).

Berikut tips dari Dwi terkait cara menjaga Shockbreaker agar tetap awet:

1. Jaga kebersihan shockbreaker anda, karena kotoran yang menempel terlebih dalam waktu yang lama akan membuat seal shockbreaker bermasalah.

2. Hindari rute jalan yang tidak rata, karena akan membebankan shockbreaker kendaraan. Ketika anda terpaksa melewatinya, usahakan untuk berkendara dengan hati-hati.

3. Jangan membawa beban terlalu berat, karena akan mengganggu suspensi kendaraan sehingga shockbreaker akan bekerja lebih extra.

4. Hindari modifikasi pada shockbreaker. Seringkali konsumen memasang aksesoris pada shockbreaker dengan tujuan mempercantik tampilan, padahal dalam beberapa kasus aksesoris tersebut mengganggu kinerja dari shockbreaker tersebut.

5. Jika memasang kunci cakram/roda depan jangan terlalu rapat dan jangan lupa melepas kuncinya sebelum sepeda motor digunakan.

“Itu dilakukan, supaya shockbreaker tidak terjadi kerusakan,” imbuh dia.

6. Umumnya penggantian oli shockbreaker dilakukan setiap 2-3 tahun sekali. Namun, segera ganti oli shockbreaker jika anda terlalu sering melewati medan jalan yang berat.

“Jadi, memang perlu segera untuk lakukan pemeriksaan komponen kendaraan jika sering dipakai pada medan berat, untuk sepeda motor Yamaha bisa di bengkel resmi Yamaha. Adapun untuk di wilayah Indonesia Timur, termasuk Jatim, Yamaha STSJ sendiri tentunya selalu siap memberikan pelayanan terbaik. Teknisi Handal Yamaha STSJ akan memberikan pelayanan terbaik guna menjaga keamanan dan kenyamanan pengendara sepeda motor Yamaha,” pungkas Dwi.


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.

Tinggalkan komentar