Wisata

Pesona Wisata Pantai Senggigi, Lombok

Pantai Senggigi adalah tempat pariwisata yang terkenal di Lombok. Luas pantai ini tidak seluas pantai-pantai di daerah wisata di pulau lain, terutama pantai Kuta di Bali. Akan tetapi, apabila para wisatawan berwisata ke pantai ini, maka para wisatawan tersebut akan merasa seperti berada di Pantai Kuta Bali. Di pantai ini memiliki panorama keindahan bawah laut,yang indah terjaga keasriannya. Pantai ini dikatakan mirip seperti  Pantai Kuta di Bali, karena di pantai ini, telah banyak dibangun berbagai fasilitas, yang tidak jarang menampilkan kemewahan, seperti: resort, villa, cottage dan juga hotel berbintang lima. Harga penginapan di Pantai Senggigi berada pada kisaran 250.000 hingga 1500.000 per malam. Pantai Senggigi telah menjadi ikon bagi wisata Pulau Lombok.

Kawasan wisata ini dihiasi oleh 2 buah bukit yang letaknya berdekatan, yang dinamakan Bukit Malibu 1 dan Bukit Malibu 2. Letak bukit ini dapat di tempuh kira-kira dalam  waktu 30 menit. Bukit ini seperti permadani hijau, karena diselimuti oleh hijaunya rumput dan alang-alang, dan dilengkapi oleh nyiur yang melambai-lambai menambah keindahannya. Banyak kegiagatan wisata yang dapat dilakukan di pantai ini, seperti berjemur sinar matahari, surfing, snorkeling. Bagi wisatawan yang ingin melakukan kegiatan surfing, kawasan wisata ini, banyak menyediakan instruktur handal. Kegiatan surfing ini sangat menyenangkan, walau pun bagi para pemula, karena ombak laut hanya setinggi 0,5 hingga 1 meter. Selain tempat wisata dan penginapan, bagi pecinta wisata kuliner, kawasan ini juga dilengkapi restaurant, mulai dari yang sederhana hingga mewah, yang menyajikan beragam menu masakan, terutama masakan seafood. Wisata kuliner.Pantai Senggigi juga menyajikan kuliner khas Lombok seperti: Ayam Taliwang, Plecing Kangkung, Bebalung, dan Sate Bulayak. Akan tetapi, wisata kuliner Pantai Sengigi, tidak hanya menyediakan makanan khas daerah Lombok, akan tetapi, mereka juga menyediakan beragam jenis masakan tradisional lainnya, dan juga masakan dari Negara Eropa.

Lokasi Pantai Senggigi sangat dekat ke akses jalan raya, maka dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Di sisi kiri-kanan jalan, terdapat banyak kios, yang menjual berbagai makanan, oleh-oleh, cindera mata khas dari Pantai Sengigi ini.  Dari Bandara Sekaparang Mataram, dapat dicapai dalam waktu 30 hingga 50 menit. Jika para wisatawan tidak memilik kendaraan pribadi, maka mereka dapat menyewa mobil sewaan. Pada kawasan wisata ini, pemerintah daerah juga menyediakan angkutan umum (Damri), , yang mengantar para wisatawan ke beberapa daerah, termasuk melewati arah Senggigi, Para pengguna angkutan ini, mereka cukup dengan membayar 25,000 – 30,000 per orang.