Travel

Air Terjun Balangdaras, Wisata Eksotis di Pegunungan Kalimantan Selatan

Kali ini kami akan membawa Anda pada suasana alam yang penuh air di Kalimantan Selatan. Air Terjun Balangdaras yang berlokasi sekitar 25 kilometer dari Kota Pelaihari, Tanah Laut, Kalimantan Selatan Dan berjarak sekitar 69 km jika dari Kota Banjarmasin. Air Terjun ini memiliki panorama pegunungan yang indah dan eksotik. Berlokasi tepat di Desa Tanjung, Pelaihari, Tanah Laut, air terjun ini  memiliki ketinggian kurang lebih 45 meter dan berada di kawasan pegunungan Meratus yang merupakan kawasan pegunungan yang membelah provinsi Kalimantan Selatan menjadi dua.

Membentang sepanjang kurang lebih 600 kilometer persegi dari arah tenggara dan membelok ke arah utara hingga perbatasan Kalimantan Timur. Di sepanjang pegunungan ini terdapat banyak perkebunan karet. Sesampainya disana maka kepenatan pengunjung akan hilang. karena kawasan ini merupakan habitat bagi berbagai jenis flora dan fauna diantaranya burung hutan dan anggrek hutan.

Selain memanjakan mata, tempat ini juga cocok bagi Anda yang senang dengan kegiatan ekowisata seperti tracking, climbing, dan hiking. Kawasan ini cukup terbilang alami karena masih jarang dikunjungi orang.

Akses jalan menuju kawasan air terjun Balangdaras ini hanya terdapat jalan setapak yang menjadi jalan utama yang merupakan jalan bagi para pengangkut kayu dari Hutan Meratus. Sehingga untuk mencapai lokasi dapat ditempuh dengan sepeda motor  trail atau  dengan cara mendaki.

Sepeda motor trail dapat disewa di kawasan ini. Tersedia juga jasa pemandu wisata yang merupakan penduduk asli di sekitar kawasan objek wisata ini. Selama dalam perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan hutan tropis yang mempesona dengan pegunungan Meratus yang indah.

kawasan wisata yang terletak di Desa Tanjung ini dapat diakses dengan menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi selama 2 jam perjalanan dari pusat kota.

Tips

1. Pantaulah cuaca saat akan berkunjung ke Air Terjun Balangdaras, karena akan sangat menganggu liburan anda jika tiba-tiba turun hujan.
2. Anda bisa membawa makanan sendiri untuk menghemat pengeluaran selama wisata anda.
3. Bawalah barang-barang anda seperlunya. Karena jika terlalu banyak, akan memberatkan anda sendiri.
4. Jika hari libur, biasanya pengunjung yang datang ke Air Terjun Balangdaras sangat ramai. Jadi, ada baiknya datang di hari-hari biasa saja agar anda bisa bebas berwisata di air terjun ini.