Kesehatan

Pilihan Olahraga Bagi Penderita Kanker

Meski sudah menderita kanker, Anda sebaiknya tetap melakukan olahraga. Tidak hanya berdampak pada fisik penderita kanker saja, olahraga diyakini dapat mengurangi rasa cemas, khawatir atau stres selama proses perawatan.

Olahraga taichi cocok bagi mereka yang ingin mengembalikan kelenturan tubuhnya

Dengan berolahraga juga, penderita kanker diharapkan dapat meningkatkan nafsu makan dan kaulitas tidur. Sehingga, diharapkan kualitas dan semangat hidup penderita kanker bakal meningkat.

Namun, sebelum memulai olahraga, penderita sebaiknya melakukan konsultasi pada dokter terlebih dahulu untuk memastikan aktivitas fisik mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Kemudian, pilih olahraga yang membuat nyaman dan tak menambah sakit.

Pelatih fisik eksklusif penderita kanker asal Amerika Serikat menyarankan penderita kanker untuk memilih jenis olahraga yang meliputi beberapa kriteria berikut :

  1. Latihan kardio

Bila memungkinkan, pilihlah jenis olahraga yang mampu melatih kardio supaya kalori banyak terbakar. Dengan mengurangi kalori maka mencegah kanker muncul kembali. Latihan kardio juga membuat fisik semakin kuat dan bugar setelah menjalani kemoterapi.

2.   Tulang beban

Kemoterapi dan terapi radiasi mengakibatkan tulang rapuh. Pilihlah angkat beban ringan untuk memperkuat otot dan tulang. Selama tidak membebani ketahanan tubuh, latihan beban bisa dijalani dengan rutin.

3.   Latihan keseimbangan

Terapi perawatan penderita kanker biasanya akan memengaruhi massa tubuh. Supaya kembali normal, latihan keseimbangan perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

4.   Kelenturan tubuh

Yoga dan taichi cocok bagi mereka yang ingin mengembalikan kelenturan tubuhnya dengan latihan ringan, terutama sesudah menjalani operasi.