Papua Barat

Desa Wasior: Desa Di Perbatasan Papua Nugini

Wasior adalah sebuah desa di kecamatan Wasior, Teluk Wondama, di provinsi Papua Barat Indonesia, berbatasan dengan  ujung barat Papua Nugini. Wasior adalah desa terbesar di Kabupaten Teluk Wondama. Di desa ini terdapat  toko, gereja, pelabuhan dan bandara udara. Jika para wisatawan tertarik mengunjungi pulau ini,  Wasior dapat ditempuh dengan menggunakan kapal feri, kapal kayu, kapal laut dan pesawat terbang. Jika menggunakan pesawat terbang dari kota  asal, kita akan berganti pesawat dari Manokwari karena tidak ada pesawat besar yang memiliki rute penerbangan ke Wasior. Penerbangan ke Menu Menu dari Menu Pagi Jam 07.00 pagi Manokwari – Wasiordan 08.00 Wasior-Manokwai, pukul 15.00 WIB Manokwari-Washan-Wasior dan 16.00 Waktu pusat kota. Apabila para wisatawan  menggunakan feri, setibanya di bandara Rendani – Manokwari, para wisatawan akan diantra akan menuju pelabuhan feri di daerah Sowi. Setelah itu, para wisatawan menggunakan jasa pengemudi ojek di sekitar bandara dan meminta untuk diantar  ke pelabuhan feri di daerah Sowi dengan membayar ojek seharga Rp 15.000-25.000 untuk sekali jalan.

Para wisatawan juga dapat meminta para pengemudi ojek untuk mengantar para wisatawan untuk  mencari kebutuhan selama perjalanan, seperti membeli makanan ringan atau hal lain di supermarket. Kapal Ferry adalah kapal feri menuju Wasior dan berangkat pukul 17:00 WIT dari Manokwari pada hari Selasa dan 17:00 WIT Rabu dari Wasior. Karena pesawat tiba di Manokwari rata-rata pada pagi dan sore hari, saya sarankan Anda menunggu menjelajahi kota Manokwari. Jika para wisatawan menggunakan perahu kayu seperti Gracelia, harganya sekitar 200.000 rupiah. Anda bisa mendapatkan penginapan lebih cepat. Waktu keberangkatan Gracelia adalah Selasa dan Kamis di Wasior, Senin dan Rabu di Manokwari. Berangkat pukul 17:00. Dari bandara, Anda dapat meminta ojek untuk membawa Anda ke pelabuhan .

 

Kawasan ini juga dapat dicapai dengan mobil carteran dari Kota Manokwari. dengan menggunakan mobil carteran menuju pantai ini. Pantai berada di wilayah perkampungan transmigrasi. Butuh waktu sekitar 45 menit untuk sampai disini dengan melewati jalan dari yang mulus, hingga harus melalui bebatuan dan jembatan yang rusak. Wisatawan dapat menyewa perahu lokal untuk mengantar mereka  ke Pulau Gosong di depan pantai ini. Pelabuhan Wasior juga bisa menjadi potensi wisata karena di sore hari, banyak pedagang akan menjual makanan di pantai. Banyak penduduk setempat juga menghabiskan sore di pelabuhan nelayan, sementara anak-anak kecil akan memilih untuk berenang sambil bermain dan bercanda dengan teman-teman mereka. Kita juga bisa melihat matahari terbenam yang indah jika langit cerah.