Kesehatan

Lompat tali, olahraga murah dan efektif mengikis lemak

Apakah masih ada yang suka bermain lompat tali? Tampaknya permainan ini telah mulai ketinggalan jaman. Permainan ini paling sering dimainkan saat masih anak-anak.

Lompat tali, olahraga murah dan efektif mengikis lemak

Tahukah Anda, lompat tali bagus untuk dilakukan oleh orang dewasa karena memberi kegunaan untuk keseimbangan tubuh, tulang dan otot. Permainan lompat tali membuat tubuh secara keseluruhan bergerak aktif sehingga sangat baik untuk membakar kalori dan mengikis lemak dalam tubuh.

Lompat tali merupakan olahraga ringan yang gampang dilakukan dan mencakup sejumlah jenis olahraga. Bisa dilakukan dengan gerakan pelan sebagai pemanasan dan gerakan cepat untuk latihan kardio yang sangat efektif untuk melunturkan lemak di dalam tubuh sehingga bisa menghindari resiko terkena penyakit jantung, diabetes dan kanker.

Menurut Tim Church dari Lousiana State University Pennington Biomedical Riset Center seperti dilansir dari Kompas, olahraga lompat tali ini bisa membuat jantung lebih kuat memompa darah. Selain itu gerakan lompat tali membuat otak melakukan sinkronisasi antara kaki, tangan dan membantu menghubungkan bagian atas dan bawah tubuh.Sehingga membantu menyelaraskan antara otak dan anggota tubuh lainnya.

Latihan lompat tali yang rutin bakal membantu tubuh untuk terus mempertahankan keselarasan apalagi seiring bertambahnya usia akan membuat keselarasan antara otak dan otot besar akan berkurang.

Olahraga lompat tali ini sangat baik dilakukan mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Bahkan menurut Church, anak-anak yang punya gangguan koordinasi tubuh sangat baik untuk melakukan ini untuk memperbaiki keseimbangan dan koordinasi motorik tubuh.

Selain itu lompat tali bisa menjadi langkah-langkah yang efektif untuk mengaktifkan dan membentuk tubuh bagian atas lantaran mengaktifkan pergelangan, tangan, otot bagian lengan atas, pundak dan punggung untuk mengontrol dan menstabilkan tali.

Bahkan ahli olahraga mengatakan lompat tali merupakan olahraga kardio yang paling efektif ketimbang olahraga lain karena latihan total untuk seluruh tubuh.

Kegunaan lain yang bisa diperoleh selain menyehatkan jantung, melunturkan lemak, juga meningkatkan kepadatan tulang pada kaki dan bagian punggung bawah sehingga efektif mencegah osteoporosis. Olahraga ini walaupun kelihatan ringan tetapi bisa menjadi olahraga yang berat bagi mereka yang mempunyai kelebihan bobot tubuh di atas 20kg dari bobot normal sehingga tak dianjurkan olahraga ini dilakukan bagi mereka yang terlalu obesitas.

Tapi bagi yang mempunyai tubuh tak terlalu gemuk, disarankan untuk melakukan olahraga ini secara bertahap dengan gerakan pelan dan tambah intensitasnya sesuai kemampuan. Dengan lompat tali saja Anda bisa dapatkan tubuh yang sehat, bugar, langsing dan mencegah tubuh dari resiko penyakit kardiovaskuler dan osteoporosis pada tulang.