Budaya

Korban Kecelakaan Ibu Rumah Tangga Melonjak

INDONESIA masih menghadapi problem kecelakaan, terutama kecelakaan lalu lintas jalan. Sedikitnya terjadi 2 ratusan kecelakaan di jalan setiap hari. Korban pun berjatuhan. Setiap hari, 70-an jiwa melayang sia-sia di jalan raya.

INDONESIA masih menghadapi problem kecelakaan, terutama kecelakaan lalu lintas jalan.

Triliunan rupiah digelontorkan untuk santunan bagi korban kecelakaan. Baik itu bagi korban luka-luka, maupun korban meninggal dunia.

Data PT Jasa Raharja memperlihatkan, dalam 5 tahun terakhir, 2013-2017, tidak kurang dari Rp 7 triliun uang santunan yang disalurkan bagi korban kecelakaan. Mayoritas diperuntukkan bagi korban kecelakaan lalu lintas jalan.

Dalam rentang waktu yang sama, kelompok ibu rumah tangga yang mendapat santuan kecelakaan jumlahnya melonjak. Bila pada 2013 tercatat 6.874 ibu rumah tangga yang menerima santunan, tapi pada 2017, melonjak menjadi 9.127orang. Artinya, melonjak sekitar 33%.

Khusus untuk tahun 2017, kelompok ibu rumah tangga berkontribusi sekitar 7,49% terhadap total korban kecelakaan. Rata-rata, setiap hari ada sekitar 25 ibu rumah tangga yang menjadi korban kecelakaan.

Dari sisi lonjakan, kelompok ibu rumah tangga bahkan mengalahkan korban dari kelompok pelajar/mahasiswa. Kelompok usia muda itu mencatat lonjakan sekitar 29%.