Dunia

Afrika Selatan, 950 Penambang Emas Terjebak di Bawah Tanah

Sekitar 950 pekerja terjebak di dalam tambang emas bawah tanah di Afrika Selatan, sesudah badai yang menyebabkan pemadaman listrik di area itu. Karena lift yang biasa digunakan telah mati, tanpa listrik, pekerja tak bisa keluar.

Sekitar 950 pekerja terjebak di dalam tambang emas bawah tanah di Afrika Selatan, sesudah badai yang menyebabkan pemadaman listrik di area itu.

Dilansir dari BBC, Tambang Beatrix itu berada di kota Welkom yang terletak sekitar 290 kilometer barat daya Johannesburg. Tambang itu dimiliki oleh perusahaan Sibanye-Stillwater, dan mempunyaii 23 tingkat dengan kedalaman1.000 meter di bawah permukaan.

“Seluruh pegawai tampak baik-baik saja. Kami menyediakan makanan dan minuman,” ujar Juru Bicara Perusahaan, James Wellsted.

Dia mengatakant, sekarang proses perbaikan jaringan listrik sedang dilakukan. Agar lift di tambang tersebut berfungsi kembali, generator listrik darurat juga sedang diupayakan untuk menyala.

Persatuan Pekerja tambang (Num) menilai, proses evakuasi yang dilakukan perusahaan lamban sekali. Perihal tersebut sangat mengkhawatirkan, mengingat ada ratusan, bahkan ribuan pekerja yang terjebak.

“Masalahnya mereka mengevakuasi satu per satu ,” tambahnya.