Dunia

Mengenal Masyarakat Kanada Keturunan Aljazair

Orang Kanada Aljazair adalah warga negara Kanada keturunan Aljazair atau orang-orang kelahiran Aljazair yang tinggal di Kanada, serta orang-orang dari negara Aljazair yang minoritas etno-linguistik dan agama. Menurut Sensus 2011, ada 49.110 warga Kanada mengklaim berketurunan Aljazair penuh atau sebagian. Kanada adalah rumah bagi komunitas Aljazair terbesar di Amerika Utara. Antara 2004 dan 2013, 42.252 penduduk pindah ke Kanada dari Aljazair. Dalam sejarahnya, Aljazair memiliki sejarah politik yang menarik. Aljazair telah dikuasai oleh Romawi, Vandal, Jerman, Bizantium, Spanyol, Turki, dan kemudian Prancis selama bertahun-tahun. Aljazair diperintah oleh Perancis dari 1830, hingga mencapai kemerdekaan pada tahun 1962. Lebih dari satu juta warga Aljazair tewas dalam perang kemerdekaan dari Perancis pada tahun 1962.

Berbicara tentang Aljazair, Aljazair adalah sebuah negara di benua Afrika barat laut yang berbatasan dengan Laut Tengah, secara resmi dikenal sebagai “Republik Demokratik Aljazair”. Aljazair adalah negara terbesar kedua di benua Afrika setelah Sudan. Gurun Sahara, padang pasir yang luas, menjadi bagian besar dari Aljazair, yang sekitar sembilan persepuluh dari wilayah Aljazair. Dataran pantai terletak di dekat laut Mediterania, dipisahkan oleh pegunungan Sahara. Mayoritas penduduk Aljazair tinggal di bagian utara negara itu, mereka tinggal di dekat pantai yang langsung menghadap ke laut Mediterania. Aljazair, yang terletak di sepanjang pantai Mediterania, adalah ibu kota dan juga kota terbesar. Nama Aljazair diambil dari bahasa Arab, al-Jazāirir, mengacu pada pulau-pulau kecil yang tersebar di lepas pantai dekat ibu kota.

Melihat jumlah imigran Aljazair di Kanada, dikarenakan Kanada dikenal keindahan alamnya, kota-kota bersih, layanan kesehatan kelas satu dan sistem transportasi. Kanada umumnya aman, tertib dan stabil secara politik. Berangkat dari budayanya sebagai negara imigran, orang Kanada bangga dengan keragaman bangsa mereka, dengan satu dari tiga orang Kanada memiliki latar belakang etnis selain Inggris, Prancis atau pribumi. Tingginya jumlah imigran Aljazair di Kanada tidak dapat dipisahkan dari pengaruh karakteristik transnasionalisme yang melekat pada imigran. Tidak hanya mereka berpindah dari satu tempat ke tempat lain, imigran Muslim, seperti mereka dari Aljazair di Kanada, juga bertindak sebagai aktor yang membawa nilai, norma dan identitas yang diperoleh dari daerah asal mereka. Inilah yang mendorong konektivitas antara komunitas Muslim Kanada dan komunitas Muslim di luar Kanada, yang tercermin dalam keberadaan sejumlah organisasi berbasis Islam, seperti yang berasal dari Aljazair di Kanada, yang memiliki ruang lingkup transnasional.