Gaya HidupKesehatan

Ternyata Wanita Dua Kali lebih Rentan Depresi Dibanding Pria

Berdasarkan survei, wanita dua kali lebih mungkin mengalami depresi dibanding laki-laki. Selama dekade terakhir, tak ada penurunan angka depresi yang signifikan di AS

Menurut penelitian kedua menemukan bahwa sebagian besar orang yang menderita depresi tidak mendapatkan perawatan. “Perempuan nyaris 2 kali lebih mungkin mengalami depresi,” tulis tim di NCHS, bagian dari Centers for Disease Control and Prevention.

Pada periode tahun 2013-2016, sebanyak 5,5 persen pria dilaporkan mempunyai gejala depresi, sedangkan wanita 10,4 persen. Depresi juga dipengaruhi oleh etnis dan pendapatan.

“Depresi lebih rendah di antara orang dewasa Asia non-Hispanik, dibandingkan dengan orang kulit putih Hispanik, kulit hitam non-Hispanik atau non-Hispanik,” tulis para peneliti.

Secara keseluruhan, orang dewasa Asia non-Hispanik mempunyai prevalensi depresi terendah (3,1 persen) ketimbang dengan Hispanik (8,2 persen), kulit putih non-Hispanik (7,9 persen), dan orang kulit hitam non-Hispanik (9,2 persen). Sementara orang dengan pendapatan rendah juga cenderung mudah depresi.

Depresi bisa mempengaruhi kehidupan pribadi dan sosial. “Sekitar 80 persen orang dewasa melaporkan setidaknya mengalami kesulitan dengan tugas, rumah, dan aktivitas sosial karena depresi mereka,” tulis para peneli