Pendidikan

KPU Datangi Kampus Ajak Mahasiswa Tolak Politik Uang

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat menggelar diskusi bersama mahasiswa Universitas Lampung, Selasa (13/3/2018). Acara KPU Goes To Campus yang digelar di Lapangan Rektorat Universitas Lampung tersebut dihadiri oleh ratusan mahasiswa.

KPU Datangi Kampus Ajak Mahasiswa Tolak Politik Uang

Pada diskusi kali ini, KPU menghadirkan 3 narasumber utama yakni Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono, Komisioner KPU Evi Novida Ginting, dan akademisi Budiono. Serta dipandu oleh presenter Anya Dwinov.

Ketua KPU Provinsi Lampung Nanang Trenggono pada kesempatan kali ini menghimbau agar para generasi mileneal bisa turut serta aktif dalam Pemilihan Gubernur 2018. “Di tangan kita pemimpin Lampung ditentukan. Jadi pilihlah pemimpin yang dapat membawa Lampung untuk kemajuan,” katanya.

Nanang juga menghimbau agar para mahasiswa bisa turut serta mengampanyekan pilkada damai. Salah satunya dengan menghindari isu-isu hoax yang beredar. Selain itu para generasi intelektual ini juga harus ikut serta dalam menolak politik uang.

Nanang mengatakan masyarakat boleh menerima barang dari paslon. Tapi nilai barang tersebut tidak boleh lebih dari Rp 25 ribu. “Misalnya topi, kaus, tempat minum yang penting harganya tidak melebihi dari yang sudah ditentukan,” jelasnya.

Sementara itu Komisioner KPU Evi Novida Ginting yang turut hadir dalam acara mengharapkan para mahasiswa bisa aktif dan kritis dalam penyelenggaran pemilu. “Mahasiswa harus ikut serta mengawasi dan mengkritisi penyelenggaran pemilu. Baik itu penyelenggaranya ataupun pesertanya,” jelasnya.

Dalam diskusi yang dikemas santai ini mahasiswa yang datang terlihat antusias. Salah satunya adalah Sior Putra, mahasiswa Jurusan Peternakana. Lewat acara ini ia mengaku pengetahuannya tentang pemilu jadi bertambah.

Sior mengatakan, “Bagus, semoga acara seperti ini terus ada untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang pemilu.”