Kesehatan

Jangan Abaikan, Komplikasi Wasir Bisa Berbahaya

Hemoroid atau dalam masyarakat lebih dikenal dengan istilah wasir, adalah suatu benjolan yang muncul di sekitar anus disertai rasa nyeri yang hebat. Kondisi ini dapat muncul akibat buang air besar (BAB) yang keras.

Jangan Abaikan, Komplikasi Wasir Bisa Berbahaya

Dokter spesialis bedah umum di Rumah Sakit Pondok Indah, dr. Franky Mainza Zulkarnain, SpB mengatakan, wasir dibagi menjadi 2 jenis. Yaitu, hemoroid eksterna dan hemoroid interna.

Hemoroid eksterna adalah hemoroid yang muncul di bagian luar anus. Sedangkan hemoroid interna muncul di bagian dalam.

Hemoroid interna terbagi ke dalam 4 stadium. Stadium 1 di mana belum muncul benjolan, stadium 2 muncul benjolan yang dapat secara spontan mengempis, stadium 3 benjolan dapat didorong masuk dengan jari, dan stadium 4 di mana benjolan sudah tidak dapat lari didorong secara manual.

Meski wasir yang sering terjadi ringan, tetapi jika tidak ditangani wasir dapat menimbulkan komplikasi. Apalagi jika wasir terus menerus mengeluarkan darah yang dapat berakibat anemia.

“Perdarahan terus menerus dapat membuat tubuh kekurangan darah merah, akibatnya akan menimbulkan kelelahan dan kelamahan,” ujar Franky di Jakarta.

Komplikasi yang kedua adalah strangulasi hemoroid. Ini terjadi ketika suplai darah ke hemoroid interna terputus lantaran terjepit. Kondisi ini akan menyebabkan rasa sakit yang hebat dan menyebabkan kematian jaringan (gangren).