Kesehatan

Kenali 5 Gejala Umum Kanker Ovarium

Kanker ovarium adalah jenis kanker yang ditakuti hampir seluruh wanita. Kanker ini biasanya menyerang wanita berusia di atas 50 tahun, tetapi tidak menutup kemungkinan wanita berusia di bawah itu juga bisa terkena kanker jenis ini.

Kenali 5 Gejala Umum Kanker Ovarium

Hanya 20 persen dari kanker ovarium yang terdeteksi, sebab gejalanya tidak signifikan. Beberapa gejala umum yang bisa kita waspadai adalah sebagai berikut:

1. Kembung yang tidak hilang

Hampir semua orang pasti pernah merasakan kembung, suatu hal yang tidak nyaman. Perut kembung bisa terjadi karena berbagai hal, misal terlalu banyak makan makanan yang mengandung gas.

Namun bisa jadi suatu tanda awal masalah serius. seperti kanker ovarium. Berdasarkan survey terbaru oleh badan amal di Inggris, Target Ovarian Cancer menemukan bahwa 20 persen wanita yang mengalami perut kembung merupakan tanda dari kanker ovarium.

“Jika kembung terus-menerus dan tidak hilang setelah mengubah kebiasaan makan atau buang air besar, itu saatnya untuk mencari perawatan medis,” ujar profesor kedokteran di University of Nebraska Medical Center, dr Alex Hewlett, DO.

2. Nyeri di perut

Kembung yang merupakan tanda kanker ovarium disebabkan oleh penumpukkan cairan yang disebut asites di perut,  ini juga bisa menyebabkan sakit dan nyeri.

Menurut profesor ginekologi, onkologi, dan reproduksi dari Pusat Kanker MD Anderson University of Texas, Lauren Cobb, sebagian besar cairan tersebut terbentuk dari sel-sel kanker yang bisa menyebabkan penyumbatan di limfatik atau penyumbatan usus.

3. Perubahan kebiasaan buang air

Tanda lain yang bisa diwaspadai sebagai tanda kanker ovarium adalah perubahan kebiasaan buang air, kecil maupun besar. Misal, frekuensi buang air kecil menjadi meningkat dari biasanya.

“Ini mungkin dikarenakan massa yang cukup besar dan menekan kandung kemih,” kata dokter kandungan dan ginekolog di Henry Ford Health System di Detroit, dr Monique Swain, MD.

4. Nafsu makan berkurang

Kembung mengambil alih kondisi di dalam perut, seakan perut terasa penuh dan tetap merasa kenyang. Inilah yang mengakibatkan seseorang dengan kanker ovarium nafsu makannya berkurang.

5. Mudah lelah

Mudah merasa lelah bisa disebabkan oleh banyak faktor, termasuk beberapa penyakit. Jika kelelahan yang terus-menerus padahal kamu tidak melakukan aktivitas berat, patut kamu waspadai dan segera periksa ke dokter.

Jadi, itulah beberapa gejala umum  kanker ovarium yang bisa kita waspadai. Semoga bermanfaat.