Internasional

Salju Oranye Menyelimuti Eropa Timur

Sebuah fenomena alam aneh terjadi di Eropa bagian timur. Salju yang lazimnya berwarna putih, kini menyelimuti beberapa negara di kawasan tersebut dengan warna oranye.

Dilansir dari Independent, Minggu 25 Maret 2018, salju warna oranye dilaporkan menyelimuti negara Rusia, Bulgaria, Rumania dan beberapa negara Eropa Timur lainnya. Kejadian ini pun terekam di tempat olahraga ski di Krasnaya Polyana, Rusia.

Salju oranye di Eropa Timur.
Salju Oranye Menyelimuti Eropa Timur

Steven Keatest, petugas dari Met Office atau BMKG Inggris mengatakan, fenomena itu pernah terjadi di kawasan lain di dunia. Karenanya kejadian ini tidak mengagetkan.

 “Ada banyak pasir atau debu dari Afrika Utara dan Sahara. Pasir itu terangkat ke atas atmosfer dan didistribusikan ke tempat lain,” ujar Steven.

Menurut dia, berdasarkan citra satelit NASA, pasir dan debu yang ada di atmosfer itu melayang sampai menyeberangi lautan tengah. Hal itulah yang membuat fenomena ini terjadi.

Steven menambahkan, “Saat hujan atau salju, ia menyeret apapun yang ada di atmosfer.”

Pada 2007, penduduk kota Siberia melaporkan salju oranye berbau busuk yang berminyak saat disentuh turun di daerah tersebut. Para pejabat setempat mengatakan, salju disebabkan oleh badai di negara Kazakhstan yang sudah menyapu debu dan tanah liat yang ada.

Menurut pengawas lingkungan Rusia, salju itu mungkin hasil dari polusi kimia. Karenanya, mengandung besi, asam dan nitrat dalam jumlah yang besar.