Wisata

Inilah 6 Tempat Berfoto Ala Eropa Di Lawang Sewu

Lawang Sewu adalah tempat yang selalu jadi destinasi utama para wisatawan saat liburan ke Semarang.

Bangunan peninggalan Belanda yang jadi satu ikon wisata Kota Semarang ini memang mempunyai pesona arsitektur begitu indah. Tidak hanya untuk difoto, sejarah arsitekturnya pun begitu menarik.

Lawang Sewu mempunyai lima bangunan yang menyuguhkan banyak sudut menarik. Beberapa sudut menyuguhkan pemandangan arsitektur yang memukau, layaknya bangunan tua di Eropa.

“Ada sudut-sudut yang pas banget seperti di Eropa, tiang – tiang pancang, putih biasanya dipake foto pre-wedding,” tutur Krisdani, pemandu wisata khusus Lawang Sewu di Semarang, Rabu (28/3/2018).

Walaupun sudah beberapa kali mengunjugi Lawang Sewu, beberapa sudut ini mungkin belum terpikirkan oleh turis.

Setelah melihat beberapa foto berikut, bisa jadi membuat Anda ingin mengulang kembali kunjungan untuk mengabadikan sudut-sudut bergaya Eropa ini.

1. Teras utama

 Wisatawan sedang berfoto berlatarkan keindahan bangunan arsitektur Eropa, di Lawang Sewu, Semarang, Rabu (28/3/2018).
Wisatawan sedang berfoto berlatarkan keindahan bangunan arsitektur Eropa, di Lawang Sewu, Semarang

Dari teras utama ini, Anda akan melihat sudut bangunan utama Lawang Sewu. Sudut dengan menara berkaca mozaik menyambungkan antara bangunan A dan bangunan B.

Fotografer bisa mengambilnya dari pohon besar yang ada di tengah halaman. Dari sini bangunan Lawang Sewu terasa amat megah.

2. Kaca mozaik

 Wisatawan sedang berfoto berlatarkan mozaik kaca di bangunan arsitektur Eropa, di Lawang Sewu, Semarang, Rabu (28/3/2018).
Wisatawan sedang berfoto berlatarkan mozaik kaca di bangunan arsitektur Eropa, di Lawang Sewu, Semarang

Inilah tampak dalam dari sudut Lawang Sewu pada foto sebelumnya. Kaca Mozaik menghiasi menara sampai ketiggian sembilan meter.

Uniknya di kaca mozaik tersebut mengisahkan tentang sejarah Lawang Sewu sebagai kantor perkeretaapian terbesar di Indoesia saat itu.  Anda bisa berfoto di atas anak tangga, membelakangi atau menghadap ke kaca.

Foto khas di tempat ini ialah siluet, berlatarkan kaca mozaik sejarah Lawang Sewu. Krisdani mengatakan, kaca ini belum pernah dipugar ataupun rusak sejak didirikan mulai 1916-1918.

3. Pintu 1000

 Wisatawan sedang berfoto berlatarkan bangunan arsitektur Eropa, di Lawang Sewu, Semarang, Rabu (28/3/2018).
Wisatawan sedang berfoto berlatarkan bangunan arsitektur Eropa, di Lawang Sewu,
Semarang

Tempat berfoto kali ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi yang pernah berkunjung ke Lawang Sewu.

Anda bisa berfoto dengan latar pintu yang seolah tak berujung. Pintu yang menyambungkan tiap ruangan di gedung B lantai dua ini terletak di tengah. Fungsinya untuk memudahkan berkomunikasi antar ruangan pada saat itu.

4. Jembatan antar gedung

 Wisatawan sedang berfoto berlatarkan di bangunan arsitektur Eropa, di Lawang Sewu, Semarang, Rabu (28/3/2018).
Wisatawan sedang berfoto berlatarkan di bangunan arsitektur Eropa, di Lawang Sewu,
Semarang

Jika Anda berkeliling di lima gedungnya, terdapat beberapa jembatan yang menyambungkan antar gedung tesebut.

Jembatan dengan latar foto terbaik ialah yang menyambungkan gedung B dengan gedung C di lantai dua. Anda bisa berfoto dengan latar deretan tiang di gerung B, menara kaca mozaik, dan jembatannya yang bersih.

5. Jalan belakang

 Wisatawan sedang memotret keindahan bangunan arsitektur Eropa, buatan Belanda di Lawang Sewu, Semarang, Rabu (28/3/2018).
Wisatawan sedang memotret keindahan bangunan arsitektur Eropa, buatan Belanda di Lawang Sewu, Semarang

Inilah satu sudut yang paling sering dijadikan lokasi foto pre wedding, menurut Krisdani. Tempatnya yang cukup tersembunyi, berada di jalan belakang bangunan-bangunan utama Lawang Sewu.

“Calon pengantin biasanya berjalan dari lorong mengarah keluar, kanan kiri belakangnya gedung putih tinggi,” terang Krisdani.

6. Sisi kanan gedung

 Keindahan bangunan arsitektur Eropa, buatan Belanda di Lawang Sewu, Semarang, Rabu (28/3/2018).
Keindahan bangunan arsitektur Eropa, buatan Belanda di Lawang Sewu, Semarang

Inilah satu titik foto yang jangan sampai terlewat setelah berkeliling, lokasinya berada di pintu keluar Lawang Sewu. Biasanya foto ini juga jadi foto perpisahan antara pemandu wisata dengan para wisatawan.

Awan yang cerah berpadu dengan bangunan bertiang yang megah, dihiasi hijaunya taman, menjadikan komposisi foto yang apik. Tentunya perjalanan ini akan memperindah feeds media sosial.

Itulah 6 tempat berfoto ala Eropa di Lawang Sewu yang mungkin belum terpikirkan oleh Anda. Selamat berkunjung dan menikmati pemandangan arsitektur yang memukau.