BisnisEkonomi

Antisipasi Mudik, ASDP Siapkan 68 Kapal Angkut Pemudik Di Merak-Bakauheni

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat mudik lebaran, PT. Angkutan Sungai, Danau dan Penyebrangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) mengoperasikan 35 kapal.

Direktur Komersil PT ASDP Yusuf Hadi mengatakan bahwa pihaknya menyiapkan 60 kapal yang sudah disediakan. Dalam hal ini, pihaknya akan mengoperasikan 35 kapal saat mengalami lonjakan kenaikan penumpang.

“Jadi kapal yang beroperasi itu ada 68 kapal yang kita operasikan kalau normal 30 kapal kalau padat sekitar 33 kapal dan kalau sangat padat sampai 35 kapal kita operasikan,” ujar Yusuf di Jakarta, Senin (9/4/2018).

Yusuf menerangkan pihaknya sudah melakukan persiapan dan langkah antisipasi demi memberikan pengalaman yang berkesan saat menikmati layanan penyeberangan ASDP. Adapun kesiapan fasilitas umum di terminal penumpang yang tersedia seperti klinik, ruang menyusui, arena bermain anak, toilet bersih, anjungan terminal penumpang yang nyaman, mushola, sampai area parkir.

Antisipasi Mudik, ASDP Siapkan 68 Kapal Angkut Pemudik Di Merak-Bakauheni

“Dengan persiapan matang dan kapasitas yang memadai, kami yakin layanan penyeberangan selama mudik Lebaran 2018 dapat berjalan dengan lancar, aman, dan selamat kepada seluruh pengguna jasa,” kata Yusuf.

Adapun fasilitas pendukung lain di atas kapal diantaranya Warung ASDP yang menjual makanan dan minuman higienis, untuk kenyamanan pelanggan.

Sementara itu, di lintasan tersibuk Merak-Bakauheni, ASDP memperkirakan jumlah penumpang penyeberangan yang akan dilayani selama musim mudik Lebaran 2018 mencapai 1.600.328 pemudik dan 319.261 unit kendaraan, naik 10% dibandingkan realisasi tahun 2017 yang mencapai 1.454.844 orang penumpang dan 290.237 unit kendaraan.