Nasional

Kapolri: Angka Kecelakaan Mudik Lebaran Turun Hingga 30%

Arus mudik sampai hari keempat sebelum Lebaran (H-4) berjalam aman, lancar, hal tersebut disampaikan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian. Bahkan, angka kecelakan turun hingga 30% dibandingkan tahun lalu.

“Memang sampai hari ini aman lancar seluruh Indonesia,” kata Tito kepada wartawan di Pelabuhan Merak, Baten, Senin (11/6/2018).

Tito mengakui kecelakaan masih terjadi. Tetapi angkanya tidak signfikan. “Jauh lebih rendah dari tahun sebelumnya di masa hari yang sama. Turun 30 persen,” kata Tito kepada wartawan di Pelabuhan Merak, Banten. Senin (11/6/2018).

Menurunnya jumlah kecelakaan tahun ini disebabkan beberapa faktor, yakni kondisi infrastruktur yang baik dan sudah tersambungnya tol Jakarta sampai Surabaya.

Kapolri: Angka Kecelakaan Mudik Lebaran Turun Hingga 30%

“Dari teman-teman Korlantas, Kemenhub dan PUPR (Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat)yang dua bulan terakhir melakukan ujicoba, melakukan rekayasa, dan manajemen lalulintas. Mereka sangat yakin bahwa arus mudik lebih baik,” ujar Tito.

Selain itu, kebijakan penambahan waktu cuti Lebaran membuat kendaraan mengalir merata, tanpa terjadi penumpukan dalam satu hari.

“Ketiga, manajemen dan ada koordinasi baik pusat dan pemda. seperti rekan lihat, ini kita semua bergerak,” tandas Tito.