BisnisEkonomi

Inilah 7 Profesi Dengan Karier Cemerlang Di Indonesia

Di era modern tingkat persaingan sangat ketat, di mana manusia tidak lagi bersaing dengan manusia saja, tetapi juga dengan robot. Mengingat semakin banyak perusahaan menggunakan robot untuk mendukung aktivitas operasional suatu perusahaan.

Kondisi ini sangat merisaukan para mahasiswa yang sudah lulus lantaran peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang layak semakin kecil. Bagi Anda yang memiliki kemampuan dan keterampilan yang mumpuni, isu-isu perkembangan seperti ini bukanlah hal yang harus ditakuti.

Apalagi ada sejuta bidang pekerjaan yang bisa diambil untuk memperoleh pundi-pundi rupiah. Setidaknya ada beberapa profesi yang dianggap memiliki karier cemerlang dan paling dibutuhkan yang bisa Anda geluti seperti dikutip dari Cermati.com, Minggu 24 Juni 2018.

Inilah 7 Profesi Dengan Karier Cemerlang Di Indonesia

1. Sebagai auditor

Masalah keuangan tidak ada habisnya untuk dibahas. Meski sudah ada badan pengawas keuangan, masih banyak tindak korupsi yang ditemukan. Salah satunya di perusahaan. Inilah sebabnya kenapa profesi auditor sangat dibutuhkan untuk menilai stabilitas keuangan perusahaan.

Apabila jumlah transaksi yang tercatat di laporan keuangan tidak sesuai dengan jumlah transaksi yang sebenarnya, perusahaan bisa dikenakan sanksi tegas. Tidak hanya dalam perusahaan, profesi auditor juga sangat dibutuhkan untuk mengawasi keuangan pemerintahan.

Dengan demikian, kecurangan bisa segera diminimalisir. Maka tidak heran kalau profesi sebagai auditor akan selalu diperlukan selama badan usaha masih beroperasi.

2. Jadi seorang ahli IT

Teknologi diciptakan oleh manusia dan berpotensi mengalami kerusakan setelah beberapa tahun dioperasikan. Untuk memperbaiki teknologi, dibutuhkan ahli IT (information technology) yang berkualitas agar kembali beroperasi seperti sedia kala. Profesi ini pun semakin banyak dibutuhkan karena sebagian besar perusahaan sudah menggunakan robot dalam proses produksi.

3. Menjadi analisis data

Di era modern, aktivitas operasional perusahaan dikelilingi oleh basis data dengan jumlah yang sangat besar. Oleh karena itu, perusahaan membutuhkan seorang analisis data untuk mencari, mengolah, dan memverifikasi kebenaran data.

Berkecimpung di pekerjaan ini tidak membutuhkan spesialisasi jurusan karena semua orang diperbolehkan melamar menjadi analisis data asalkan menyukai bidang hitung-menghitung.

4. Seorang akuntan

Meskipun jumlah lulusan akuntansi cukup banyak, tetapi sebagian besar perusahaan membutuhkan akuntan untuk mengelola keuangan perusahaan. Hal ini khususnya membuat laporan keuangan untuk tujuan audit.

Cakupan profesi akuntan sangat luas. Selain di perusahaan, akuntan juga bisa bekerja di perbankan, sekolah, start up, atau bagian pemerintahan. Maka tidak heran kalau karier seorang akuntan akan terus cemerlang sampai kapanpun.

5. Menjadi konselor robot

Robot memiliki andil yang cukup besar dalam kegiatan perusahaan di era modern. Bahkan ada robot yang digunakan sebagai babysitter di rumah. Tingginya permintaan unit robot setiap tahunnya membuat jumlah konselor robot kian bertambah. Di mana para konselor robot bertugas untuk menentukan robot yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Di balik itu, konselor robot juga harus mengetahui komponen mesin pada robot agar lebih mudah melakukan perawatan, sehingga robot tersebut bisa lebih awet dan tahan lama.

6. Jadi desainer interior

Tingkat konstruksi bangunan di Indonesia mengalami pertumbuhan yang cukup pesat. Permintaan di sektor properti terus meningkat, khususnya rumah dan apartemen. Melihat kondisi ini, maka jasa desainer interior pun semakin dibutuhkan. Di mana seorang desain interior bertugas untuk menata rumah sedemikian rupa agar terlihat menarik dan nyaman.

Desainer akan menata segala hal dalam ruang tersebut mulai dari perabotan rumah tangga, lukisan, hingga hiasan lain yang akan disematkan di dalam rumah. Maka tidak heran kalau banyak desainer interior yang hidupnya sejahtera karena memang permintaan meningkat setiap saat.

7. Menjadi blogger profesional

Blogger masuk dalam kategori pekerja lepas atau freelance yang kariernya kian melejit di era teknologi makin canggih ini. Bidang pekerjaan ini sangat diminati, tidak hanya perempuan, tapi juga para pria karena kerjanya yang lebih fleksibel.

Selain itu, blogger juga berhak membuat dan menerbitkan konten sesuai keinginan. Meski gaji yang diterima tidak menentu setiap bulan, tapi dengan kerja keras dan profesional, Anda bisa menjadi salah satu blogger sukses yang mampu bekerja sama dengan berbagai sektor industri yang ada di dunia.