Gaya HidupWisata

Paceklik Ikan, Nelayan Gelar Festival Perahu Hias Di Yogyakarta

Berwisata ke Pantai Depok Kabupaten Bantul, Yogyakarta, tidak hanya menikmati keindahan pantai dan kuliner aneka makanan laut. Kini, wisatawan juga bisa mengarungi Laguna Pantai Depok menggunakan perahu hias.

Keberadaan perahu hias di Laguna Pantai Depok ternyata menyedot ribuan wisatawan. Pada Minggu, 15 Juli 2018, untuk pertama kalinya festival perahu hias wisatawan digratiskan bagi pengunjung. “Ya, sebenarnya ini solusi bagi nelayan di saat masa paceklik dan bisa memperoleh tambahan uang,” ujar Mugari salah satu pemilik perahu hias.

Pria yang biasanya melaut di Pantai Samas ini sengaja mengikuti Festival Perahu Hias. Selain untuk memperoleh pemasukan uang, juga turut meramaikan Festival Perahu Hias yang digelar untuk memberdayakan nelayan di Pantai Depok dan sekitarnya.

“Tadi sudah berkeliling sebanyak tiga kali karena keberangkatan perahu hias harus bersamaan dan di bawah pantauan petugas Polair Polda DIY,” terangnya.

Paceklik Ikan, Nelayan Gelar Festival Perahu Hias Di Yogyakarta

Sementara Suharyanto, Ketua Pokdarwis Laguna Pantai Depok mengatakan, selama ini obyek wisata yang ramai adalah Pantai Depok. Padahal Laguna Pantai Depok yang merupakan muara sungai Opak ini sangat potensial untuk wahana wisata air. “Di sini banyak perahu nelayan yang nganggur karena paceklik ikan, sehingga diberdayakan untuk daya tarik wisata lain di Pantai Depok,” ujarnya.

Dengan Festival Perahu Hias ini, diharapkan tidak saja Pantai Depok yang ramai dikunjungi wisatawan, tetapi juga area laguna. Pengunjung juga tidak perlu lagi membayar retribusi masuk laguna, karena sudah menjadi satu paket dengan retribusi masuk Pantai Depok. “Sekali bayar retribusi bisa mengunjungi dua obyek wisata sekaligus di kawasan Pantai Depok,” kata Suharyanto.

Suharyanto berharap keberadaan perahu hias di Laguna Pantai Depok ini ke depannya mendapatkan dukungan dari Pemda DIY dengan menyiapkan sarana-prasarana penunjang lainnya, karena saat ini terbilang masih minim. “Untuk keselamatan penumpang maka diwajibkan menggunakan pelampung sehingga ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka keselamatan penumpang terjamin,” katanya menambahkan.

Engelberta, salah seorang wisatawan di Laguna Pantai Depok, begitu mendengar adanya Festival Perahu Hias langsung datang bersama satu keluarga. “Ya, mumpung gratis kita datang satu keluarga,” katanya.

Setelah puas naik perahu hias warga kota Yogyakarta ini juga mengatakan, rencananya akan berkunjung ke Pantai Depok untuk menyantap makanan laut. “Ini jaraknya kan dekat sekali dan sudah siang dan jamnya santap siang. Ada seafood yang cukup lezat untuk disantap,” kata Engelberta.