Pendidikan

Kemendikbud Tingkatkan Kerja Sama Dengan Dunia Industri Guna Siapkan Tenaga Kerja SMK Berkualitas

Kemendikbud Tingkatkan Kerja Sama Dengan Dunia Industri Guna Siapkan Tenaga Kerja SMK Berkualitas

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama PT Erajaya Swasembada Tbk sepakat melakukan kerja sama sebagai bentuk komitmen untuk terus mendorong peningkatan pendidikan vokasi. Kesepakatan tersebut dibuktikan dengan penandatanganan nota kesepahaman di kantor Kemendikbud, Jakarta (16/8/2018).

Penandatanganan dihadiri oleh Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) Hamid Muhammad. Dalam sambutannya, Hamid menjelaskan bahwa nota kesempahaman ini merupakan bagian dari Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2016 tentang revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam rangka peningkatan kualitas dan daya saing sumber daya manusia di Indonesia.

“Kita sangat senang satu bidang yang memang jumlah siswanya banyak di keahlian bisnis terbanyak jadi 25% ada di bidang bisnis dan manajemen ini makanya kita berupaya bidang-bidang ini harus dipartnerkan dengan perusahaan-perusahaan, termasuk PT Erajaya Swasembada Tbk,” tutur Hamid. Ia pun menyampaikan rasa terima kasihnya karena telah ambil bagian dalam peningkatan kerja sama di dunia SMK.

Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), M. Bakhrun mengatakan bahwa PT. Erajaya Swasembada memiliki 17 nota kesepahaman dengan sekolah-sekolah untuk melakukan kerja sama baik melalui pembinaan pada guru, siswa, maupun untuk penempatan praktik kerja lapangan dan bagaimana anak-anak dari SMK bisa terserap oleh industri.

Kemendikbud Tingkatkan Kerja Sama Dengan Dunia Industri Guna Siapkan Tenaga Kerja SMK Berkualitas
Kemendikbud Tingkatkan Kerja Sama Dengan Dunia Industri Guna Siapkan Tenaga Kerja SMK Berkualitas

“Memang pada saat awal ini pak dirjen kami sampaikan masih dilakukan didaerah Jakarta, tapi insyaallah mulai tahun depan mulai pelajaran ini akan dilakukan dibeberapa daerah yang nantinya harapannya, yah paling tidak ada sekitar 100-an lah SMK yang bisa melakukan kerja sama dengan PT. Erajaya Swasembada Tbk,” ujarnya.

Di saat yang sama, Chief Executive Officer (CEO) PT. Erajaya Swasembada Tbk Hasan Aula menyampaikan komitmennya untuk bisa berpartisipasi dalam pembinaan lulusan SMK.

“Kami dari Erajaya group siap dan bersedia untuk bekerja sama lebih erat lagi yah dengan kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Supaya kita bisa mengembangkan dan memberikan lapangan kerja kepada lulusan-lulusan SMK,” katanya. Ia berharap pengembangan akan terus merambah tidak hanya bidang manajemen dan leadership, tetapi juga bidang teknologi.

Sementara itu, kerja sama yang dikembangkan mencakup peningkatan kompetensi di bidang bisnis dan manajemen di SMK, diantaranya penyelarasan kurikulum, pelatihan guru produktif, program Corporate Social Responsibility (CSR), fasilitas Praktek Kerja Industri (Prakerin) bagi peserta didik SMK di bidang Bisnis dan Manajemen, dan fasilitas perekrutan lulusan SMK bidang Bisnis dan Manajemen.