Kesehatan

Kenapa, Sudah Rutin Olahraga Tapi Tubuh Mudah Lemas?

Kenapa, Sudah Rutin Olahraga Tapi Tubuh Mudah Lemas?

Salah satu kunci agar tubuh tetap fit dan tidak mudah lemas adalah dengan rutin berolahraga. Olahraga membuat sirkulasi darah tetap lancar karena sering diajak bergerak. Tetapi tidak jarang seseorang yang sudah rutin olahraga tetap merasa cepat lemas.

Medical Officer of PT. Kalbe Farma, dr. Claudia Anggi Citra Putri, mengungkapkan tubuh lemas dapat disebabkan banyak hal. Mulai dari stres psikis, anemia (kurang darah), gangguan hormon, dan gangguan mental seperti depresi atau kecemasan.

“Kondisi kesehatan tubuh dan mental keduanya saling berpengaruh. Dari kondisi tubuh yang paling mungkin membuat kita lemas adalah kurangnya asupan nutrisi pada pasien yang diet ketat, atau malah kelebihan salah satu nutrisi misalnya karbohidrat,” ujar dr. Anggi kepada detikHealth, Jumat (2/11/2018).

dr. Anggi turut menjelaskan kondisi tubuh juga bisa cepat lemas jika tubuh kekurangan vitamin dan mineral karena keduanya berperan sebagai zat pengatur metabolisme tubuh.

Kenapa, Sudah Rutin Olahraga Tapi Tubuh Mudah Lemas?
Kenapa, Sudah Rutin Olahraga Tapi Tubuh Mudah Lemas?

“Tubuh yang kekurangan air juga membuat tubuh berada dalam kondisi dehidrasi. Sementara kondisi mental yang mungkin membuat tubuh terasa lemas adalah gangguan seperti depresi dan kecemasan yang mengganggu kualitas dan produktivitas sehari-hari,” paparnya.

Agar tubuh tetap berstamina, konsumsi suplemen yang mengandung L-Carnitine seperti Fatigon Spirit untuk membakar lemak dan dibuat menjadi energi. Sehingga dapat memulihkan stamina tubuh agar tetap terasa berenergi.

“Suplemen multivitamin dirancang sebagai salah satu alterntif untuk mendapatkan vitamin dan atau mineral serta herbal tambahan ketika asupan tidak cukup. Suplemen dapat diminum dengan memperhatikan dosis, indikasi, dan aturan pakai,” pungkas dr. Anggi.