Olahraga

Hadapi Dilema, Hamilton Terkendala Mesin Jelang Balapan Terakhir F1 2018

Jelang balapan terakhir Formula One 2018, Lewis Hamilton menghadapi dilema. Adapun balapan  tersebut diadakan  di Abu Dhabi pada Minggu (25/11/2018).

Pasalnya, akhir pekan lalu, mobil Mercedes miliknya sempat mengalami kerusakan saat berlomba di Sirkuit Interlagos, Brasil. Mercedes mengungkapkan sangat terkejut melihat Hamilton mampu melintasi garis finis dan menjuarai balapan di GP Brasil.

Karena, mereka mendapat laporan dari markas mesin Mercedes, HPP Brackley, bahwa mesin mobil Hamilton sudah mencapai titik kritis dan berpotensi mengalami kerusakan kapan saja saat balapan. Tim mekanik lalu melakukan perbaikan singkat di pit dan Hamilton juga menyesuaikan setting mobil barunya itu.

Namun hasilnya cukup mengejutkan. Mereka terbukti berhasil melintasi garis finis sampai akhir balapan dan sekaligus mengamankan gelar konstruktor bagi Mercedes untuk kelima kalinya secara beruntun.

Hadapi Dilema, Hamilton Terkendala Mesin Jelang Balapan Terakhir F1 2018
Hadapi Dilema, Hamilton Terkendala Mesin Jelang Balapan Terakhir F1 2018

Padahal, power unit (mesin) yang dipakai Hamilton di Brasil adalah yang ketiga musim ini dan rencananya tetap dipakai sampai balapan di Abu Dhabi. Pembalap berusia 33 tahun itu sebenarnya masih punya PU1 dan PU2 bekas dari awal musim.

Akan tetapi, kedua unit tersebut sudah melewati tujuh pekan balapan dan sudah mencapai batasnya. Jika akhirnya Mercedes memutuskan memakai komponen baru, maka Hamilton akan mendapat penalti turun griddi Abu Dhabi.

Namun, setidaknya sang juara bertahan itu tidak perlu lagi merasa khawatir dengan kondisi mesinnya. Karena, Hamilton dan Mercedes sama-sama sudah mengunci gelar juara F1 2018 sehingga kedua pilihan tersebut bukanlah menjadi pertimbangan yang sulit.

“Kami sangat beruntung memiliki banyak kesuksesan. Tapi ketika kami memenangkan semuanya, setiap orang bahagia. Kali ini, saya senang melihat semua orang merayakannya. Semua orang hanya menggigit kuku mereka sepanjang tahun. Jadi, itu adalah upaya yang luar biasa dari semua pihak terkait,” kata Hamilton dilansir autosport.