BisnisEkonomi

Tingkatkan Taraf Ekonomi, Pertamina MOR I Bagikan 406 Paket LPG Ke Nelayan Kampar

Tingkatkan Taraf Ekonomi, Pertamina MOR I Bagikan 406 Paket LPG Ke Nelayan Kampar

Sebanyak 406 paket LPG diserahkan PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) I untuk para nelayan kecil di Desa Buluh Cina, Kabupaten Kampar, Riau. Pembagian konverter ini merupakan bagian dari upaya pemerintah bersama dengan Pertamina untuk meningkatkan taraf ekonomi pesisir, khususnya di Provinsi Riau.

Kegiatan pemberian paket LPG ini diberikan langsung oleh Marketing Branch Manager Pertamina Sumbar Riau, Aribawa, Asisten II Kabupaten Kampar, Azwan, Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas, Alimuddin Baso, serta Wakil Ketua Komisi VII DPR M Nasir.

Alimuddin Baso menjelaskan bahwa program pembagian konverter kit LPG ini merupakan penugasan dari pemerintah agar nelayan kecil bisa mengurangi konsumsi BBM, sehingga dengan menggunakan LPG, maka akan memberikan energi yang lebih bersih serta lebih aman

“Dengan mengonversi bahan bakar untuk nelayan dari BBM menjadi LPG, maka para nelayan tersebut akan memberikan sumbangsih untuk pengurangan pencemaran lingkungan. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan bahan bakar LPG maka lebih ramah lingkungan dan ekosistem laut dapat menjadi lebih baik lagi dengan polusi yang jumlahnya berkurang,” ujar Alimuddin dalam keterangan tertulis, Minggu (25/11/2018).

Tingkatkan Taraf Ekonomi, Pertamina MOR I Bagikan 406 Paket LPG Ke Nelayan Kampar
Tingkatkan Taraf Ekonomi, Pertamina MOR I Bagikan 406 Paket LPG Ke Nelayan Kampar

Sementara Marketing Manager Pertamina Sumbar Riau, Aribawa, mengatakan Pertamina mendukung penugasan pemerintah kepada Pertamina untuk melaksanakan konversi BBM ke bahan bakar gas bagi nelayan yang tercantum dalam Keputusan Menteri ESDM Nomor 294 K/10/MEM/2018. Pertamina juga memastikan bahwa hanya nelayan kecil yang berhak yang mendapatkan paket konverter LPG ini.

“Pertamina tentu mendukung penugasan yang diberikan oleh pemerintah untuk memberikan paket konverter LPG kepada nelayan kecil. Pemberian paket untuk Kabupaten sebanyak 406 paket kepada mereka yang berhak. Diharapkan pemberian konverter kit LPG ini dapat meringankan beban perekonomian mereka,” kata Aribawa.

Sementara itu, untuk Kabupaten Indragiri Hilir, pembagian konverter kit LPG dimulai pada 17 November 2018 dan masih dalam tahap pemasangan. Sedangkan untuk pembagian konverter kit untuk Kabupaten Kampar dimulai pada 20 November dan sampai saat ini masih proses pemasangan.