NasionalPolitik

Apa Alasan Prabowo Kenakan Setelan Jas Lengkap Dengan Peci Hitam Di Foto Surat Suara?

Apa Alasan Prabowo Kenakan Setelan Jas Lengkap Dengan Peci Hitam Di Foto Surat Suara?

Ada yang berbeda dengan penampilan foto di surat suara Pemilu 2019, Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno memutuskan mengenakan pakaian jas berwarna dan peci hitam di surat suara Pemilu 2019.

Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Priyo Budi Santoso mengungkap alasan paslon nomor urut 2 itu memilih mengenakan setelan jas lengkap dengan peci hitam untuk foto di surat suara Pemilu 2019.

Menurut Priyo, pemilihan jas telah melalui diskusi cukup panjang dengan sejumlah tokoh budaya dan para pakar.

“Banyak pilihan yang tersedia, termasuk pakai baju muslim atau baju adat. Ketika kami mengadakan diskusi terbatas, mengundang berbagai tokoh budaya dan termasuk pakar-pakar dan menyimpulakan kali ini Pak Prabowo dan Sandi ingin tampil beda dengan baju yang mencitrakan kepemimpinan dan kewibawaan nasional,” ujar Priyo di Gedung KPU RI, Jumat (4/1/2019).

Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Priyo Budi Santoso
Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Priyo Budi Santoso

Setelan jas, menurut Priyo, mencitrakan kepemimpinan dan kewibawaan. Meski mengenakan pakaian formal, Priyo menyebut Prabowo-Sandiaga tetap mengenakan aksesoris berciri khas Indonesia, yakni kopiah dan nama lengkap, dengan menyematkan gelar haji.

“Tetapi harus ingat juga beliau pakai kopiah yang sangat khas, mayoritas masyarakat muslim di tanah air kita. Dan pake haji juga secara sadar itu sehari-hari, Haji Prabowo Subianto,” tutur Priyo.

Priyo menjelaskan, perpaduan kopiah dan jas adalah perpaduan yang sangat lengkap bagi pemimpin Indonesia.

“Itu sudah lengkap dan merupakan representasi yang mewakili nasionalisme keislaman karena pake kopiah dan haji tetapi juga kewibawaan dan kepemimpinan karena pake jas,” jelas Priyo.

Sekjen Partai Berkarya ini juga menerangkan, Tim Prabowo-Sandiaga sengaja tidak memilih pakaian dengan simbol-simbol keagamaan.

“Kami meyakinin tidak harus terlalu mengeksploitasi menunjukkan keislaman baju muslim atau adat tertentu, kami hindari itu. Sengaja kami tidak memilih itu. Itu kenapa enggak pakai budaya Jawa atau pakaian adat lain,” ujar Priyo.

Sementara itu, untuk pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 01, Jokowi – Ma’ruf Amin lebih memilih mengenakan baju putih dan peci hitam di surat suara Pemilu 2019.

Tinggalkan Balasan