NasionalPolitik

Ini Alasan Prabowo Tak Serang Kubu Petahana Saat Debat Capres

Ini Alasan Prabowo Tak Serang Kubu Petahana Saat Debat Capres

Debat perdana Pilpres 2019 mengangkat tema hukum, HAM, korupsi, dan terorisme. Prabowo Subianto, calon Presiden nomor urut 02 terlihat tenang saat mengikuti debat perdana Pilpres 2019.

Padahal, Direktur Materi dan Debat BPN Prabowo-Sandi, Sudirman Said mengatakan, Prabowo punya banyak materi dan kesempatan besar untuk menyerang lawan. Sudirman lantas menanyakan kepada Prabowo kenapa tidak menyerang.

“Debat tadi malam pada intinya kami puas. Namun ada satu kritik terhadap Pak Prabowo dari saya, dan saya sampaikan ke Beliau (Prabowo) setelah debat. Kenapa kurang menyerang?” kata Sudirman Said di Jakarta, Jumat (18/1).

Mantan Menteri ESDM itu menuturkan, jawaban bijak Prabowo saat ditanya mengenai hal tersebut. Prabowo ingin debat berjalan sesuai konteks.

“Beliau bilang kepada saya ‘Pemilu ini bukan sarana permusuhan, tapi ini merupakan ajang adu gagasan dan kebaikan’ begitu saja jawab Pak Prabowo,” tutur Sudirman.

Direktur Materi dan Debat BPN Prabowo-Sandi, Sudirman Said
Direktur Materi dan Debat BPN Prabowo-Sandi, Sudirman Said

Menurutnya, penampilan Prabowo-Sandi saat debat juga tampak lebih santai dan sesuai subtansi debat jika dibandingkan dengan performa lawan debatnya.

“Bahasa tubuh yang ditunjukkan Prabowo dan Sandi sangat orisinil dan tidak dibuat-buat. Dan kami yakin, pemilih yang belum menentukan pilihannya akan memilih Prabowo-Sandi,” jelas Sudirman.

Sementara itu, calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno, juga mengatakan Prabowo tidak akan menyerang Jokowi dan Ma’ruf Amin dalam debat capres pada Kamis, 17 Januari 2019. Alasannya, Prabowo ingin debat dilakukan dengan saling menghormati.

“Pak Prabowo tidak ingin saling menyerang. Pak Prabowo ingin semuanya dilakukan dengan penuh rasa saling menghormati dan santun dalam budaya kita,” ucap Sandiaga pada wartawan di lapangan Bulungan, Jakarta Selatan, Rabu, 16 Januari 2019.

Sandiaga mengatakan, sebenarnya ada usulan dari tim Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan menyerang kepada Jokowi dan Ma’ruf. Tetapi, usulan itu ditolak Prabowo.

Menurut mantan Wagub DKI ini, pertanyaan-pertanyaan yang akan dilontarkan dalam debat capres nanti adalah kasus-kasus yang memang ada di masyarakat saja.

“Kami tidak akan mengorek-ngorek. Itu bukan style Prabowo-Sandi,” kata dia. “Kami akan sangat menghormati Pak Presiden dan memuliakan Pak Kiai,” lanjut Sandiaga.

Begitulah Prabowo dengan segala kebaikan dan kesantunannya tak mau menyerang kubu petahana saat debat capres. Demi rasa saling menghormati dan santun dalam budaya Indonesia.