NasionalPolitik

Polling ILC, Prabowo-Sandi Lebih Unggul Dari Kubu Petahana

Usai debat perdana Pilpres 2019 pada Jumat (18/1/2019) akun Twitter resmi Indonesia Lawyers Club (ILC) membuat pollingDebat perdana tersebut diselenggarakan di Birawa Assembly Hall di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, (17/1/2019) malam.

Pada akun Twitter ILC, @ILCtv1, menuliskan nomor urut kedua pasangan calon presiden (capres) dalam polling tersebut. Polling yang dimulai dari pukul 19.00 WIB sampai 23.00 WIB itu sudah diikuti sebanyak 24.416 pemilih.

“Setelah menonton debat capres pertama, menurut anda pasangan mana yang unggul? @karniilyas @jokowi @prabowo #ILCPollingDebatCapres,” tulis akun Twitter ILC, Jumat (18/1/2019).

Kemudian, berdasarkan hasil akhir polling yang dibuat akun Twitter ILC, ternyata capres nomor urut 02 berhasil unggul atas capres nomor urut 01. Untuk capres nomor urut 02 berhasil mendapatkan sebanyak 89 persen atau sekitar 21.730 pemilih.

Sedangkan, capres nomor urut 01 mendapatkan 11 persen atau sekitar 2.685 pemilih.

Hasil akhir polling pasca debat pertama Pilpres 2019 yang dibuat akun Twitter resmi Indonesia Lawyers Club (ILC) pada Jumat (18/1/2019). (Capture Twitter/@ILCtv1)

Polling ILC, Prabowo-Sandi Lebih Unggul Dari Kubu Petahana
Polling ILC, Prabowo-Sandi Lebih Unggul Dari Kubu Petahana

Diketahui, debat perdana Pilpres 2019 baru saja digelar di Hotel Bidakara, Jakarta pada Kamis (17/1/2019) malam.

Debat perdana itu diikuti oleh pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin dan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Pada debat perdana tema yang dibahas mengenai hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme. Debat perdana ini juga dipandu oleh dua moderator, yaitu mantan jurnalis Ira Koesno dan jurnalis senior Imam Priyono.

Adapun sejak awal debat perdana direncanakan akan berlangsung selama 89 menit 55 detik. Kemudian, debat dibagi ke dalam enam segmen. Pada segmen pertama, penyampaian visi-misi pasangan calon presiden dan wakil presiden. Segmen kedua dan ketiga adalah debat dengan metode pertanyaan terbuka.

Dalam segmen kedua dan ketiga, moderator debat menanyakan pertanyaan kepada paslon, dimana pertanyaan tersebut sudah disampaikan kepada paslon melalui kisi-kisi. Untuk segmen keempat dan kelima adalah debat dengan metode pertanyaan tertutup.

Kemudian dalam segmen keenam, tiap pasangan calon memberikan pertanyaan untuk pasangan oposisi. Sementara, segmen terakhir adalah pernyataan penutup (closing statement).

Untuk diketahui, setelah debat perdana, para paslon akan kembali berdebat pada 17 Februari 2019 mendatang. Berikut jadwal debat para paslon di Pilpres 2019;

Debat I

Waktu: 17 Januari 2019

Lokasi: Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan

Lembaga penyiaran: Kompas TV, TVRI, RRI, dan RTV.

Tema: Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme

Peserta: Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden

Debat II

Waktu: 17 Februari 2019

Lokasi: Hotel Fairmont, Senayan

Lembaga penyiaran: RCTI, GTV, MNC TV dan INews TV.

Tema: Energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, lingkungan hidup

Peserta: Calon presiden

Debat III

Waktu: 17 Maret 2019

Lokasi: Hotel Sultan, Senayan

Lembaga penyiaran: Trans TV, Trans 7 dan CNN Indonesia.

Tema: Pendidikan kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya

Peserta: Calon wakil presiden

Debat IV

Waktu: 30 Maret 2019

Lokasi: Belum ditentukan

Lembaga penyiaran: Metro TV, SCTV dan Indosiar

Tema: Ideologi, pemerintahan keamanan serta hubungan internasional

Peserta: Calon presiden

Debat V

Waktu: Belum ditentukan

Lokasi: Belum ditentukan

Lembaga penyiaran: tvOne, ANTV, Berita Satu TV dan NET TV.

Tema: Ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, serta industri.

Peserta: Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden.

Demikianlah, jadwal debat para paslon di Pilpres 2019. Semoga pada debat selanjutnya dapat berjalan dengan baik dan lancar.