NasionalPolitik

Peduli TKI, Prabowo-Sandi Bakal Fokus Tingkatkan Lapangan Kerja

Peduli TKI, Prabowo-Sandi Bakal Fokus Tingkatkan Lapangan Kerja (harianpress.com)Peduli TKI, Prabowo-Sandi Bakal Fokus Tingkatkan Lapangan Kerja

Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri menjadi salah satu fokus penanganan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Dikarenakan, keberadaan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di negara lain akibat kondisi lapangan kerja yang minim di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Badan Pertanahan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo dalam diskusi di Media Center Prabowo-Sandi, Kebayoran Baru, Jakarta, Senin (11/2).

“Saya sebagai aktivis anti perdagangan manusia, isu TKI ini tentu kami mengetahui kenapa banyak TKI ke luar menjadi pekerja migran ya karena kurangnya lapangan kerja di Indonesia,” kata Rahayu.

Oleh sebab itu, Prabowo-Sandi bakal mengupayakan peningkatan lapangan kerja di dalam negeri jika terpilih memimpin Indonesia periode 2019-2024 dan akan mengedepankan penciptaan lapangan kerja di dalam negeri agar tidak ada lagi warga Indonesia yang mencari pekerjaan di luar negeri.

Juru Bicara Badan Pertanahan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo (harianpress.com)
Juru Bicara Badan Pertanahan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo

Pasalnya, kata Rahayu, permasalahan utama penyebab banyaknya pekerja yang pergi ke luar negeri adalah lapangan kerja di Indonesia kurang.

“Nomor satu kita akan meningkatkan lapangan kerja di Indonesia karena dengan meningkatkan lapangan kerja itu memastikan berkurangnya pekerja migran kita. Salah satu isu tentang TKI, kami mengetahui masalah kenapa banyak TKI keluar menjadi pekerja migran ya karena kurangnya lapangan kerja di Indonesia,” ujar Rahayu.

Rahayu juga menekankan bahwa proses peningkatan lapangan kerja di dalam negeri harus ditopang pengembangan sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan pendampingan secara simultan oleh pemerintah.

“Jadi kita bisa fokus memastikan adanya lapangan kerja dengan easy on doing business untuk UMKM kita. Artinya harus ditingkatkan dan memastikan mereka mendapat kesempatan dengan modal dan juga pendampingan melalui OK OCE,” jelas Rahayu yang juga anggota Komisi VIII DPR.

Adapun, Prabowo-Sandiaga juga akan meningkatkan dana pemulangan TKI di kementerian terkait jika terpilih di Pilpres 2019 nanti. Sementara, dengan mengedepankan penciptaan lapangan kerja di dalam negeri, diharapkan agar tidak ada lagi warga Indonesia yang mencari pekerjaan di luar negeri.

Tinggalkan Balasan