NasionalPolitik

Usai Dari Singapura, Prabowo Tetap Sholat Jumat Di Masjid Agung Semarang

Usai Dari Singapura, Prabowo Tetap Sholat Jumat Di Masjid Agung Semarang

Calon Presiden Prabowo Subianto bertolak ke Singapura menjenguk Ani Yudhoyono yang sedang dirawat di National University Hospital (NUH) Singapura pada Kamis (14/2/2019) sore. Tetapi, BPN Prabowo-Sandi memastikan, Prabowo tetap akan menjalankan salat Jumat di Masjid Agung Semarang seperti yang sudah direncanakan. Isu politisasi mengenai Salat Jumat ini, tidak menyurutkan niatan Prabowo.

Juru bicara BPN Prabowo-Sandi Jateng, Sriyanto Saputro, mengatakan meski saat ini Prabowo berada di Singapura, tidak ada agenda yang berubah. Penerbangan akan dilakukan langsung dari Singapura ke Semarang.

“Tidak ada yang berubah, tetap ke Semarang,” kata Sriyanto, Kamis (14/2/2019).

Sekrataris DPD Partai Gerindra Jateng ini memastikan, bahwa instruksi yang dikeluarkan DPC Partai Gerindra Kota Semarang tetap berlaku. Instruksi itu adalah memerintahkan kadernya hadir ke Masjid Agung Kauman Semarang terkait kedatangan Capres Prabowo Subianto saat Salat Jumat.

Juru bicara BPN Prabowo-Sandi Jateng, Sriyanto Saputro (harianpress.com)
Juru bicara BPN Prabowo-Sandi Jateng, Sriyanto Saputro

Sementara itu, menurut Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah, Abdul Wachid, itu merupakan hal yang wajar sebab diedarkan hanya untuk internal partai dan tidak ada pengerahan massa.

“Tidak ada pengerahan massa tapi ada memang surat dari internal ketua DPC Partai Gerindra Kota Semarang memberikan informasi pak Prabowo akan melaksanakan Salat Jumat di Masjid Kauman. Itu pun internal ya, tidak untuk orang lain dan itu disuruh pakaian Islami jangan memakai pakaian yang beratribut partai, itu wajar,” jelas Wachid di Kantor Gerindra Jateng, Semarang, Kamis (14/2/2019).

Namun, soal kepastian kehadiran Ketua Umum Partai Gerindra besok di Masjid Kauman, sampai saat ini masih terkonfirmasi Capres nomor urut 02 itu akan tetap mengikuti Salat Jumat di Masjid Kauman. “Besok tetap Salat Jumat di Masjid Kauman,” ujarnya.

Ditegaskan Wachid, tidak ada kepentingan politik dalam kedatangannya di Masjid Kauman. Pihak Prabowo juga tidak meminta saf harus didepan atau tempat kamera untuk menyorot ketika ia beribadah.

“Pak Prabowo besok tidak ada kepentingan politik, beliau datang salat jumat di sana dan tidak minta fasilitas untuk saf pertama, kedua atau ada ruangan yang disediakan untuk kamera untuk syuting beliau, untuk pencitraan, ndak ada. Beliau saf pertama, belakang tidak masalah sesuai dengan beliau datang awal di depan, akhir ya di belakang,” pungkasnya.

Adapun surat tersebut bernomor JT-01/02-005/A/DPC-GERINDRA/2019 dengan hal Instruksi. Dalam surat tersebut tertulis untuk mengikuti Salat Jumat Berjamaah bersama Prabowo Subianto di Masjid Kauman Semarang dengan busana Islami dan tidak menggunakan atribut partai apapun. Surat ditandatangani oleh Ketua DPC Gerindra Kota Semarang, Sigit Ibnugroho.