NasionalPolitik

Kuasa Hukum: Prabowo Bersedia Jadi Penjamin Ahmad Dhani

Kuasa Hukum: Prabowo Bersedia Jadi Penjamin Ahmad Dhani (harianpress.com)Kuasa Hukum: Prabowo Bersedia Jadi Penjamin Ahmad Dhani

Ahmad Dhani, saat ini masih berada di dalam Rutan Klas 1 Surabaya atau Rutan Medaeng. Selain Fahri Hamzah dan Fadli Zon, calon presiden Prabowo Subianto disebut-sebut juga akan menjadi penjamin bagi pentolan band Dewa 19.

Ali Lubis selaku kuasa hukum Ahmad Dhani mengatakan, bahwa Prabowo Subianto bahkan bersedia memberikan surat jaminan penangguhan penahanan atas kasus yang menjerat musisi yang kini beralih menjadi politikus tersebut.

“Saya tambahkan sedikit terkait penangguhan jaminan ini bahkan kita dapat info bukan hanya dua tokoh (Fahri Hamzah dan Fadli Zon) ini saja, karena lalu kita dapat confirm bahwa sedang berusaha meminta jaminan ke Pak Prabowo,” kata Ali Lubis saat ditemui di Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Senin (11/3/2019).

“Sudah setuju tetapi beliau sedang sibuk berkampanye, kita sudah bersurat juga dan sudah tinggal minta tanda tangan ada Pak Amien Rais dan Pak Zulfikri dan ibu Titiek Soeharto artinya seperti kata rekan saya tadi, majelis hakim sudah dalam penangguhan ini legowo lah tidak mungkin mas Dhani akan kabur ke mana-mana,” lanjutnya.

Ali Lubis, kuasa hukum Ahmad Dhani (harianpress.com)
Ali Lubis, kuasa hukum Ahmad Dhani

Ditegaskan Ali, jika banyak tokoh penting yang menjadi penjamin atas Ahmad Dhani sehingga tidak mungkin ia akan melarikan diri atau menghilangkan alat bukti.

“Kami sampaikan bahwa sampai dengan saat ini perpanjangan penahanan 60 hari Ahmad Dhani dengan alasan kepentingan pemeriksaan itu sangat tidak relevan dengan fakta yang ada,” jelas Hendarsam Marantoko selaku kordinator kuasa hukum Ahmad Dhani.

“Sampai saat ini 30 hari pertama, 60 hari yang kedua, Ahmad Dhani sama sekali belum diperiksa, cuma dianggurin aja untuk perkara yang di Pengadilan Tinggi,” lanjutnya.

Hendarsam juga menjelaskan jika sampai permohonan penahanan ini tidak dikabulkan maka ada indikasi kalau Ahmad Dhani dicekal kebebasannya dalam berpendapat.

“Ada tokoh-tokoh penting yang menjamin. Sehingga tidak ada alasan PT (Pengadilan Tinggi) untuk tidak mengabulkan. Dan ini bukan sebagai intervensi hukum, melainkan bentuk solidaritas dan memang ada peluang di UU untuk melakukan hal tersebut,” tuturnya.

“Kalau sampai masalah penangguhan penahanan sampai tidak dikabulkan, maka ini adalah masalah politik untuk membungkam kebebasan berekspresi seorang Ahmad Dhani,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ahmad Dhani terjerat kasus ujaran kebencian dan divonis hukuman 18 bulan. Ia sempat ditahan di Rutan Cipinang, Jakarta Timur tetapi kini dipindahkan ke Rutan Medaeng, Jawa Timur untuk memudahkan proses sidang kasus pencemaran nama baik yang menjerat Dhani di Surabaya.