NasionalPolitik

Tak Undang Menteri Saat Debat Pilpres, Sandiaga Dan KPU Sepakat

Tak Undang Menteri Saat Debat Pilpres, Sandiaga Dan KPU Sepakat

Calon wakil presiden Sandiaga Uno sepakat dengan sikap Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang tidak mengundang menteri saat debat pilpres 2019 mendatang. Debat putaran keempat Pilpres 2019 akan digelar pada Sabtu, 30 Maret 2019.

Calon wakil presiden nomor urut 02 itu menilai, pilihan tersebut untuk menghindari potensi benturan kepentingan.

“Saya sepakat ya, mungkin potensi benturan kepentingan kita datang disana sebagai menteri atau sebagai pembantu presiden atau timses presiden yang juga calon presiden,” ujar Sandiaga di Jakarta, Rabu 20 Maret 2019.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu menghargai keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Menurut dia, menteri lebih baik mengadakan nonton bareng (nobar) di lain tempat.

Tak Undang Menteri Saat Debat Pilpres, Sandiaga Dan KPU Sepakat (harianpress.com)
Tak Undang Menteri Saat Debat Pilpres, Sandiaga Dan KPU Sepakat

“Jadi kelutusan itu kita hargai, walaupun debat itu jadi masukan menteri juga ya. Mungkin mereka bisa menonton di rumah saja atau mengadakan nobar,” kata Sandiaga.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) sepakat tidak menyodorkan undangan kepada menteri, sebagai tamu pada debat pemilihan presiden putaran keempat. Hal tersebut menurut Komisoner KPU RI Pramono Ubaid, telah disepakati sejak rapat persiapan debat ketiga.

Menurut Pramono, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menimbang jika menteri diundang berpotensi memunculkan persepsi publik bahwa mereka partisan salah satu kandidat. Hal tersebut dikarenakan, salah satu calon bersaing adalah seorang petahana.

Adapun, debat putaran keempat Pilpres 2019 rencananya akan digelar di Balai Soedirman, Jakarta, pada 30 Maret 2019 mendatang. Debat keempat ini hanya menampilkan calon presiden yaitu, Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Tema yang akan dibahas mengenai ideologi, pemerintahan, keamanan, dan hubungan internasional.