NasionalPolitik

Total Penerimaan Dana Kampanye Prabowo-Sandi Hingga Maret Rp 191,5 Miliar

Total Penerimaan Dana Kampanye Prabowo-Sandi Hingga Maret Rp 191,5 Miliar (harianpress.com)Total Penerimaan Dana Kampanye Prabowo-Sandi Hingga Maret Rp 191,5 Miliar

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi melaporkan dana penerimaan kampanye periode September 2018 hingga Maret 2019 kepada awak media di Posko Pemenangan BPN Prabowo-Sandi di Jalan Sriwijaya I, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (29/3/2019). Wakil Bendahara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Satrio Dimas mengatakan dalam periode itu, pihaknya sudah menerima dana kampanye sebesar Rp 191,5 Miliar.

Dari dana kampanye sebesar itu, penerimaan dari perseorangan masih mendominasi yaitu penerimaan dari Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno sendiri.

Sandiaga menjadi pihak yang paling banyak menyumbangkan dana kampanye yaitu sekitar Rp 117 miliar atau sekitar 61 persen, lantas Prabowo Subianto menyumbang Rp 71 miliar atau sekitar 36 persen.

Sedangkan, sumbangan lain dari Partai Gerindra sekitar Rp 1,3 miliar dan sumbangan pihak lain perseorangan Rp 598 juta serta sumbangan pihak lain kelompok sekitar Rp 701 juta. “Namun sumbangan di Bulan Maret 2019 Pak Prabowo menambah Rp 35 miliar dan Bang Sandiaga sekitar Rp 21,8 miliar,” kata Satrio Dimas.

Total Penerimaan Dana Kampanye Prabowo-Sandi Hingga Maret Rp 191,5 Miliar (harianpress.com)
Total Penerimaan Dana Kampanye Prabowo-Sandi Hingga Maret Rp 191,5 Miliar

Kemudian, dari dana kampanye tersebut sekitar Rp 149,7 miliar di antaranya telah dikeluarkan untuk melaksanakan kegiatan kampanye.

“Yang paling banyak adalah untuk bahan kampanye sekitar Rp 49 miliar; kegiatan lain Rp 38 miliar; tatap muka dengan masyarakat Rp 31 miliar; operasional lain-lain Rp 15 miliar; pertemuan terbatas Rp 4,5 miliar; pengadaan alat peraga kampanye Rp 6,6 miliar; PM lain-lain Rp 2,5 miliar; iklan media Rp 365 juta; dan pembelian peralatan Rp 173 juta.”

Sementara itu, Sandiaga Uno yang hadir dalam pelaporan itu mengatakan dirinya belum menghitung secara pasti total kekayaannya yang berkurang untuk disumbangkan sebagai dana kampanye.

Namun, Sandiaga Uno berjanji akan melaporkan itu semua dalam LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara). “Saya belum tahu pasti, nanti saya laporkan dalam LHKPN meskipun tidak wajib,” kata Sandiaga Uno.

Adapun, total penerimaan dana kampanye Prabowo-Sandi hingga Maret sebanyak Rp 191,5 Miliar. Dengan jumlah yang sebesar itu, tentu saja ada andil dari masyarakat yang ikut berperan dalam perjuangan Prabowo-Sandi demi mewujudkan perubahan Indonesia yang lebih baik.