NasionalPolitik

Survei Charta Politika: Prabowo Subianto, Ketua Umum Paling Disukai

Survei Charta Politika: Prabowo Subianto, Ketua Umum Paling Disukai

Ketua Umum Prabowo Subianto menempati urutan pertama sebagai alasan untuk memilih partai berdasarkan figur ketua umum. Dalam rilis survei nasional Charta Politika Indonesia terbaru, ia menjadi alasan 34,9 persen pemilih Gerindra memilih partai berlambang kepala garuda tersebut. Prabowo Subianto juga paling disuka publik dengan popularitas 25,2 persen.

Demikian disampaikan Direktur Riset Charta Politika, Muslimin dalam rilis Survei Nasional Charta Politika Indonesia di Jalan Adityawarman, Jakarta, Kamis (4/4).

“Ketua umum parpol yang paling disukai memang masih Prabowo Subianto dari ketum yang ada,” kata Direktur Riset Charta Politika Muslimin dalam rilis Survei Nasional Charta Politika Indonesia di Jalan Adityawarman, Jakarta, Kamis (4/4).

Kemudian, lanjut Muslimin, di urutan kedua ada Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Umum PDIP dengan popularitas 19,9 persen. Disusul Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan 18,1 persen.

“Memang selalu partai lama yak Pak SBY sebagai Ketum Partai Demokrat, kemudian kalau kita liat PDIP, Bu Megawati cukup populer,” jelasnya.

Direktur Riset Charta Politika, Muslimin (harianpress.com)
Direktur Riset Charta Politika, Muslimin

Untuk alasan pemilih memilih partai karena figur ketua umum juga dirasakan partai lain. Di antaranya seperti PKB, PBB, Nasdem, Perindo dan PSI. Sementara untuk partai lain seperti Golkar, PPP, PAN sosok figur tidak begitu besar. Sedangkan di Hanura, PKPI tidak ada sama sekali.

Sementara itu, terkait alasan pemilih karena mengusung calon presiden dan wakil presiden atau efek ekor jas atau coattail effect, pasangan calon presiden dan wakil presiden tidak terdampak ke semua partai politik.

Dikatakan Muslimin, hanya PDIP, Partai Gerindra, dan PKS yang paling terdampak lantaran mengusung capres dan cawapres.

Dalam survei Charta Politika, faktor mengusung capres dan cawapres menjadi alasan pemilih untuk memilih partai, antara lain Partai Gerindra 30,6 persen, lalu di PDIP dengan 29,2 persen, dan PKS dengan 20 persen, dan PKB 18,2 persen.

Survei Charta Politika: Prabowo Subianto, Ketua Umum Paling Disukai (harianpress.com)
Survei Charta Politika: Prabowo Subianto, Ketua Umum Paling Disukai

“PDIP, Gerindra dan PKS kena dampak karena mengusung capres dan cawapres, tapi kalau Demokrat kita lihat, relatif kecil orang memilih Demokrat karena PD mengusung capres, hanya beberapa persen,” kata Muslimin.

Menurut Muslimin, untuk partai lain hanya sedikit faktor mengusung capres dan cawapres menjadi alasan memilih.

Adapun, survei digelar sejak 19-25 Maret 2019 dari 34 provinsi di Indonesia dan menggunakan multistage random sampling dengan margin of error 2,19 persen. Tingkat kepercayaan berada di angka 95 persen.

Tinggalkan Balasan