NasionalPolitik

Analisa Big Data: Pilpres Telah Usai, Prabowo-Sandi Pemenang

Analisa Big Data: Pilpres Telah Usai, Prabowo-Sandi Pemenang (harianpress.com)Analisa Big Data: Pilpres Telah Usai, Prabowo-Sandi Pemenang

Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno diprediksi akan berjaya di Pilpres 2019. Hal tersebut merujuk dari riset Evello Interest berdasarkan lintasan digital dua paslon di sosial media Youtube, Facebook, Twitter, dan media online pada masa tenang kampanye pertama, Minggu (14/4).

Demikian disampaikan Researcher Evello, Ario Agung Sumantri, Senin (15/4).

“Dari sisi bigdata analitik, Pilpres sudah selesai dan telah menghasilkan pemenang. Berdasarkan data yang dirangkum Evello, Insya Allah pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno berjaya sebagai pemenang Pilpres 2019,” ujar Ario.

Evello mencatat, terhitung dari hari tenang pertama, pasangan Prabowo-Sandi dibicarakan sebanyak 1.214.592 atau 55.872 persen, sedangkan petahana Jokowi-Maruf 959.278 kali atau 44.128 persen.

Analisa Big Data: Pilpres Telah Usai, Prabowo-Sandi Pemenang (harianpress.com)
Analisa Big Data: Pilpres Telah Usai, Prabowo-Sandi Pemenang

“Gambaran kondisi ranah digital pada hari Minggu, 14 April, Prabowo-Sandi masih memimpin. Distribusi percakapan yang melibatkan kedua paslon, supremasi kandidat penantang juga masih belum sanggup dilampaui oleh kubu petahana,” tuturnya.

Dijelaskan Ario, sosial media dan media online merupakan sumber informasi kaya tentang apa yang pengguna rasakan. Besarnya data dan pertumbuhan yang sangat cepat dengan beragam format inilah yang disebut sebagai bigdata.

“Setiap orang pun dengan bebas menyuarakan pendapat dan pemikirannya terhadap setiap kandidat tersebut. “Secara online real time ini, semua tercatat dengan baik di platform media sosial,” jelas Ario.

Adapun, data sajian Evello selama ini adalah cermin dukungan seiring dengan tingkat kepentingan serta kuantitas dan kualitas orang menggunakan media sosial. Bigdata analitik pun dapat lebih banyak membantu dalam proses kampanye daripada hanya digunakan untuk membantu menentukan pemenang pemilihan umum.

Tinggalkan Balasan