NasionalPolitik

Ternyata, Jokowi Kalah Telak Di Kompleks Paspampres

Ternyata, Jokowi Kalah Telak Di Kompleks Paspampres (harianpress.com)Ternyata, Jokowi Kalah Telak Di Kompleks Paspampres

Kekalahan telak dialami pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi) dan KH Ma’ruf Amin di hampir seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) Kompleks Paspampres. Diketahui, Kompleks Paspampres terletak di Kelurahan Kampung Tengah, Kramatjati, Jakarta Timur.

Hal tersebut tentunya menjadi tamparan sangat keras bagi Jokowi maupun Komandan Paspampres. Jokowi tidak hanya ditolak oleh rakyat Indonesia, tetapi dia juga ditolak oleh keluarga pasukan yang selama ini mengamankannya.

Adapun, di Kompleks Paspampres tersebut terdapat 9 TPS, tepatnya di RW 6. Hasilnya, Paslon 02, Prabowo-Sandi unggul di 8 TPS, sementara Paslon 01 Jokowi-Maruf hanya unggul di 1 TPS.

Pasangan nomor urut 02, Prabowo-Sandi unggul di TPS 78, 79, 80, 82, 83, 84, 85, dan 86. Kemenangan Prabowo-Sandi di TPS tersebut berkisar antara 52-70 persen.

Ternyata, Jokowi Kalah Telak Di Kompleks Paspampres (harianpress.com)
Ternyata, Jokowi Kalah Telak Di Kompleks Paspampres

Untuk TPS 84, paslon 02 mendapat perolehan sebesar 118 suara dan paslon 01 mendapat 79 suara. Jumlah suara sah di TPS ini adalah 197 dan suara tidak sah 1.

Kemudian di TPS 85, dari 208 suara sah di TPS tersebut, pasangan Prabowo-Sandi memperoleh 128 suara. Sementara pasangan Jokowi-Maruf mendapat 80 suara.

Paslon Prabowo-Sandi di TPS 86 memperoleh 129 suara dan Paslon Jokowi-Maruf mendapat 86 suara. Jumlah suara sah di TPS ini adalah 215.

Sementara itu di TPS 82, pasangan Prabowo-Sandi memperoleh suara sebesar 155 dan Jokowi-Maruf mendapat suara sebesar 67 suara. Jumlah suara tidak sah di TPS ini hanya satu suara.

Jadi, dari 9 TPS tersebut pasangan Jokowi-Maruf hanya menang di TPS 81. Paslon petahana ini unggul atas Paslon penantang dengan persentase sebesar 53 persen.

Lebih lanjut, kekalahan telak ini adalah tragedi politik bagi Jokowi. Paspampres dimana-mana adalah pasukan yang paling dekat dengan Presiden. Mereka berada di Ring-1 dan pasukannya adalah orang pilihan serta loyalitas kepada Presiden tidak bisa ditawar-tawar.

Komandan Paspampres, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak (harianpress.com)
Komandan Paspampres, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak

Diketahui, Komandan Paspampres saat ini dijabat oleh Mayjen TNI Maruli Simanjuntak. Dia adalah menantu Luhut Panjaitan, tokoh penting dan orang kepercayaan Jokowi. Jadi loyalitasnya tidak diragukan sehingga mengamankan Jokowi, sama dengan mengamankan Luhut.

Sebelumnya, KSAD Jenderal TNI Andhika Perkasa juga pernah menempati posisi tersebut. Andhika adalah menantu AM Hendropriyono salah satu tokoh intelijen yang kini berada di belakang Jokowi.

Jadi bisa disimpulkan, jika keluarga Paspamres saja sudah tidak mau memilih Jokowi, apalagi rakyat kebanyakan. Karenanya, pantas saja Jokowi kalah dimana-mana. Namun, tidakkah seharusnya hal itu menjadi instrospeksi bagi Jokowi?