NasionalPolitik

KPU Tetapkan Prabowo Menang Di Sumatera Selatan

KPU Tetapkan Prabowo Menang Di Sumatera Selatan (harianpress.com)KPU Tetapkan Prabowo Menang Di Sumatera Selatan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan rekapitulasi nasional hasil pemilu 2019 di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Adapun, Sumsel merupakan provinsi ke-19 yang direkap oleh KPU RI.

Komisioner KPU, Wahyu Setiawan telah menyatakan sah hasil rekapitulasi nasional di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

“Dengan ini kami nyatakan hasil pemilu di provinsi Sumatera Selatan dinyatakan sah,” ujar Wahyu Setiawan di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (14/5).

Berdasarkan hasil rekapitulasi, calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo-Sandi unggul atas capres dan cawapres nomor urut 01, Jokowi dan Ma’ruf. Pasangan Prabowo-Sandi meraih 2.877.781 suara sedangkan pasangan Jokowi-Ma’ruf mendapat 1.942.987 suara.

Komisioner KPU, Wahyu Setiawan (pojokutama.com)
Komisioner KPU, Wahyu Setiawan

Sementara untuk jumlah suara sah sebanyak 4.820.768 suara kemudian untuk surat suara tidak sah 117.817 suara.

Proses rekapitulasi untuk Sumsel berjalan cukup alot. Dikarenakan para saksi baik dari TKN 01 Jokowi-Ma’ruf, BPN 02 Prabowo-Sandi, saksi partai politik hingga Bawaslu mempersoalkan rekomendasi pemungutan suara ulang (PSU) dan pemungutan suara lanjutan (PSL) yang tidak dijalankan KPU Sumsel.

“Kami bertanya dua hal, Bawaslu provinsi melalui Bawaslu kabupaten telah merekomendasikan 526 (TPS)PSL dan 2 (TPS) PSU. Karena di 526 banyak kertas suara kurang baik DPR, DPD, dari 526 TPS, yang berhasil melakukan PSL 469 TPS, masih ada 57 TPS belum melakukan PSL. Apakah kami dapat diberikan penjelasan kenapa 57 TPS tidak dilakukan PSL?” kata Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar.

Sementara itu, Ketua KPU Sumsel Kelly Mariana menjelaskan ada beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tidak melakukan PSL karena adanya warga yang menolak melakukan PSL. Sehingga KPU tidak melakukan PSL di seluruh 526 TPS seperti yang direkomendasikan Bawaslu.

Setelah mendengar penjelasan tersebut, Bawaslu memberikan catatan dalam keberatan DP2.

Tinggalkan Balasan