Internasional

Senapan Milik Seniman Belanda Vincent Van Gogh Dijual Seharga 20 Juta Rupiah

Senapan Milik Seniman Belanda Vincent Van Gogh Dijual Seharga 20 Juta Rupiah

Senapan seniman Belanda Vincent Van Gogh diyakini telah digunakan untuk bunuh diri di Perancis pada tahun 1890, menembak dirinya sendiri di dada setelah bertahun-tahun kesedihan mental, dijual seharga 130.000 euro ($ 145.700) atau 20 Juta Rupiah di lelang di Paris pada hari Rabu di lansir dari Reuters.

Seorang penawar telepon anonim membawa pulang revolver Lefaucheux, casingnya berkarat keras dan lapisan gagang melengkung hilang, lebih dari dua kali lipat estimasi tertinggi yang dibuat oleh para ahli di rumah lelang Drouot.

“Ini adalah bagian yang sangat simbolis,” kata juru lelang Gregoire Veyres. “Fakta bahwa itu adalah senjata, itu adalah objek kematian. Dan jika Van Gogh adalah Van Gogh, itu karena bunuh diri dan pistol ini adalah bagian darinya. ”

Van Gogh menderita serangan psikosis dan depresi berat sepanjang hidupnya, dengan siksaannya yang sering menyulut karya seninya, baik yang melukis potret diri sendiri atau karya-karya penting lainnya termasuk The Starry Night dan Sunflowers.

Dia juga terkenal karena telah memotong bagian dari telinga kirinya sendiri dengan pisau cukur saat bertengkar dengan sesama seniman Paul Gauguin.

Senapan Milik Seniman Belanda Vincent Van Gogh Dijual Seharga 20 Juta Rupiah
Senapan Milik Seniman Belanda Vincent Van Gogh Dijual Seharga 20 Juta Rupiah

Van Gogh meninggal di Auvers-sur-Oise dekat Paris pada Juli 1890, dalam usia 37 tahun, lebih dari dua hari setelah menembak dirinya sendiri di dada di ladang gandum tempat ia sebelumnya melukis.

Setelah gagal bunuh diri secara instan, ia kembali ke penginapan tempat ia tinggal dan dirawat oleh pemilik penginapan, Arthur Ravoux, dan putrinya Adeline, yang berusia 13 tahun pada saat itu dan menceritakan kembali peristiwa itu lebih dari 60 tahun kemudian.

“Aku sudah mencoba bunuh diri,” Van Gogh dianggap telah memberi tahu Ravoux. Seniman itu telah menghabiskan lebih dari dua bulan di penginapan, menghasilkan sekitar 80 lukisan dalam apa yang akan menjadi kesibukan terakhirnya, kreativitas yang kacau.

Pencarian senjata ini  dimulai hari setelah dia meninggal tetapi senjata yang kemungkinan tidak ditemukan sampai tahun 1960-an, di bidang yang sama, dengan kaliber yang benar dan menunjukkan indikasi bahwa senjata telah ditembakkan.

Itu ditemukan oleh seorang petani dan berakhir dalam kepemilikan seorang wanita yang anaknya adalah penjual.

“Ada banyak indikator yang mendukung atribusi,” kata Veyres.

Upaya yang melelahkan untuk mengkonfirmasi tautan senjata ke Van Gogh, termasuk tes yang membuktikannya telah terkubur selama 50 hingga 80 tahun, menghasilkan buku tahun 2012.

Revolver Lefaucheux serupa yang digunakan oleh Paul Verlaine untuk mencoba membunuh kekasihnya dan sesama penyair Arthur Rimbaud pada tahun 1873 dijual di lelang di Paris pada tahun 2016, dengan harga € 434.500.

Bagaimana? tertarik untuk beli pistol tersebut sobat?

harianpress.com
the authorharianpress.com